Beranda Warta Cerita KPP Ampera, Tak Sekadar Seia Sekata

KPP Ampera, Tak Sekadar Seia Sekata

Cerita Sumatra Selatan Lubuklinggau Jalan Lingkungan KPP Comments (0) View (101)

Kelompok Pemanfaat Pemelihara (KPP) Ampera Kelurahan Taba Koji, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Yang mempunyai tugas mengelolah dan merawat hasil BLM tahun 2015 pada saat itu program masih bernama PNPM-MP yaitu kegiatan Jalan dan Drainase. Lama bangunan dari program PNPM-MP 2015 hingga Program KOTAKU 2021 sudah mencapai 5 Tahun. Pada prinsifnya KPP di Kelurahan Taba Koji untuk tugas teknisnya membentuk unit per wilayah terkecil yaitu dari tingkat RT. Struktur tersebut untuk mempermudah proses pemeliharaan di tingkat basis agar stakeholders, ditingkat basis yang ada kegiatan BLM bisa ikut terlibat seperti RT, LKM, UP.

Pada Best Practice ini kami menyajikan informasi seputar kegiatan KPP LKM Ampera Kelurahan Taba Koji di RT. 02, kenapa demikian...?? karena KPP Ampera khususnya RT 02 memiliki bangunan atau kegiatan yang manfaatnya dari semua kalangan yang setiap hari dimanfaatkan oleh seluruh warga. Menurut Saparudin selaku penaggung jawab sekaligus ketua RT.02 adanya pemeliharaan Jalan dan Drainase dapat memberikan dampak positif bagi warga pemanfaat.

Yang mana kondisi Jalan lingkungan dan drainase sudah mencapai 5 tahun lama pembangunan dan memiliki kondisi yang cukup parah dan megharuskan dilakukannya pemeliharaan oleh anggota KPP. Dengan langkah pembersihan Drainse dari sampah-sampah yang menyebabkan penyumbatan dan rehab Jalan yang sudah rusak/ berlubang.

KPP sangat menitik beratkan pada kegiatan pemeliharaan ini karena aktifitas seluruh warga RT.02 yang menggunakan cukup sering, terutama Drainase agar tetap lancar sehingga tidak menyebabkan banjir. Kepedulian warga sekitar terhadap sarana Jalan dan Drainase bersama KPP berhasil meggalang iuran/swadaya dari semua warga pemanfaat berupa Pasir 1 M3, Semen 4 Zak, Besi 8 = 2 Btg, dan swadaya berupa Makanan dan Minuman Kopi.

Seperti yang diungkapkan Saparudin , KPP berusaha mengkondisikan warga sekitar untuk berpartisipasi merawat, minimal tidak membuang sampah sembarang dan secara berkala ada kegiatan bersih-bersih dan perbaikan Jalan sekitarnya.[Sumsel]

 

 

Penulis: Apriani, Fasilitator Sosial Tim 17 Lubuklinggau OC-4
Program Kotaku Provinsi Sumatra Selatan

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.