Beranda Warta Cerita Media Sosialisasi, Penyebar Info Program Kotaku

Media Sosialisasi, Penyebar Info Program Kotaku

Cerita Jambi Tanjung Jabung Barat Media Comments (0) View (213)

Pesan sosialisasi yang mudah dipahami dan cepat diterima inpormasinya oleh masyarakat menjadi bagian penting dari sebuah strategi sosialisasi. Demikian juga dengan program Kota tanpa kumuh (Kotaku) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Kebutuhan akan media sosialisasi sudah lama dibutuhkan oleh hampir semua kota/kabupaten, sehingga saat datangnya media sosialisasi semua Koordinator Kota (Korkot) menjadi bahagia. Bagaimana tidak, kedatangan baliho, spanduk dan poster akan sangat membantu mempercepat penyebarluasan inpormasi sekaligus sosialisasi akan keberadaan program Kota tanpa kumuh yang telah lama hadir di tengah-tengah masyarakat.

Tidak lama setelah diterimanya media sosialisasi tersebut di atas, Korkot-3 Tanjung Jabung Barat, melaksanakan distribusi media sosialisasi tersebut. Distribusi material printing tersebut di wilayah dampingan Korkot-3 Tanjung Jabung Barat yang meliputi 2 Kabupaten yaitu Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur, dengan total 4 kelurahan dampingan, yaitu Kelurahan Tungkal harapan, Sungai Nibung dan kampung Nelayan, Nipah Panjang II. Ratusan spanduk akhirnya terlihat terpasang di titik-titik strategis. Dalam spanduk, baliho dan poster tersebut tersurat pesan-pesan penting yaitu “kolaborasi, pemanfaatan dan pengawasan BPM oleh masyarakat, pencegahan covid-19, serta kelompok penerima dan pemanfaat hasil program” . Spanduk ini telah terpasang di kantor lurah, gerbang perumahan, pasar dan beberapa tempat, kantor pemerintahan dll.

Media sosialisasi ini difasilitasi oleh pihak manajemen OC-3 program Kotaku Provinsi Jambi, dan diserahkan manajemen ke pihak Korkot, pihak korkot mengamanahkan kepada faskel pendamping untuk didistribusikan kepada BKM selaku pihak pelaksana program di kelurahan. Setumpuk Spanduk telah didistribusikan ke BKM, serah terima spanduk disertai dengan penandatangan berita acara dan dokumentasi serah terima spanduk, dan juga dokumentasi pemasangan spanduk di titik-titik strategis di masing-masing kelurahan maupun kantor pemda. Media sosialisasi dapat dideskripsikan sebagai ruang dimana proses internalisasi nilai, norma, dan tata kelakukan yang membentuk kepribadian seseorang berlangsung. Sosialisasi selalu memerlukan media. Beberapa contoh media sosialisasi yang bisa disebutkan di sini diantaranya keluarga, teman, sekolah, tempat kerja, dan media massa. Media massa merupakan sarana komunikasi dalam penyampaian pesan-pesan, sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita ke masyarakat luas. Spanduk adalah media massa cetak. Yang dicetak dalam lembaran kertas atau media cetak lainnya. Peran media massa sangat penting dalam penyebaran informasi, edukasi serta pembentukan opini yang positif kepada masyarakat luas dan pemerintah daerah mengenai upaya pencapaian target 100-0-100 melalui pemberitaan di media. Selain itu, media massa berupa spanduk yang berisi pesan dan ajakan secara spontan dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap substansi program untuk mewujudkan target 100-0-100 penanganan permukiman kumuh. Semoga pesan yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat dan berpengaruh positif bagi warga masyarakat agar tetap peduli terhadap lingkungan.

Diharapkan pesan yang terkandung dalam media cetak ini dapat menimbulkan respon positif terhadap perbaikan kehidupan masyarakat yang lebih baik dan berkelanjutan, sehingga pada masa yang akan datang keberlanjutan program dapat diteruskan.[Jambi]

 


Penulis: Darsono, Koordinator Kota-3 Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Program Kotaku Provinsi Jambi

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.