Beranda Warta Cerita Di Balumbang, Jalan Rawan Jadi Nyaman Aman

Di Balumbang, Jalan Rawan Jadi Nyaman Aman

Cerita Jawa Barat Bogor Jalan Lingkungan BKM Comments (0) View (144)

SEBELUM

SESUDAH

Kelurahan Balumbangjaya yang berada di Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor termasuk kedalam salah satu lokasi penanganan permukiman kumuh Kota Bogor yang ditetapkan dg Surat Keputusan Walikota Bogor No. 653.45-282 Tahun 2019, yang memiliki luas permukiman kumuh 12,63 hektar yang berlokasi di RW 03, RW 04, RW 11 dan RW 12 dengan jumlah penduduk 638 KK dengan kepadatan bangunan ± 47 unit/ha dan kepadatan penduduk 204 jiwa/ha.

Pada tahun 2020 penanganan permukiman kumuh di Kelurahan Balumbangjaya diintervensi melalui program Kotaku, Salah satu investasi infrastruktur yang sudah dibangun adalah kegiatan jalan paving block yang berlokasi di RT 05/04.

Jalan ini berada pada kontur yang cukup curam, Pada sisi kanan dan kiri jalan terdapat tebing yang rawan longsor. Sebelum jalan ini diperbaiki pernah terjadi runtuhan tebing dari sisi sebelah kiri jalan karena belum terdapat turap penahan tanah. Warga lanjut usia dan anak-anak pun juga kesulitan jika harus melewati jalan ini, karena tidak ada objek yg bisa dijadikan sebagai pegangan pada sepanjang jalan ini. Jalan ini juga tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermotor karena bentuk fisiknya baru sebatas jalan tangga yg konstruksinyapun sudah tidak layak sehingga aksesnya baru sebatas untuk pejalan kaki.

Berlatarbelakang dari kondisi eksisting, sehingga BKM memilih lokasi kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan yg diprioritaskan untuk dibangun melalui dana Bantuan dari Pemerintah (BPM) Kotaku tahun 2020. Sebelum membuat gambar rencana untuk kegiatan jalan ini , fasilitator pendamping bersama BKM melakukan survey teknis untuk mengidentifikasi kebutuhan yg diperlukan baik dari sisi konstruksinya ataupun dari sisi keamanannya dengan melibatkan warga penerima manfaat.

Dari hasil survey teknis dan masukan warga penerima manfaat maka dibuatlah perencanaan jalan paving block dengan dilengkapi perencanaan turap penahan tanah atau tebing beserta perencanaan handrailling/pagar pengaman. Perencanaan turap penahan tanah bertujuan untuk menghindari terjadinya longsor tebing dan perencanaan handrailling/pagar pengaman bertujuan untuk keamanan pengguna jalan terutama bagi anak-anak dan lanjut usia.

Pembangunan jalan ini dilakukan secara swakelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dengan didukung oleh partisipasi dan swadaya dari masyarakat, masyarakat begitu antusias dan mendukung pembangunan jalan ini.

Kini mimpi warga untuk memiliki jalan yg aman dan nyaman untuk dilewati sudah terwujud, anak-anak dan lansia sudah tidak khawatir lagi untuk melewati jalan tersebut. Tidak hanya pejalan kako, kendaraan bermotorpun sudah bisa melewati jalan ini. Manfaat jalan ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat sekitar sebagai penerima manfaat langsung, tapi manfaatnya juga dirasakan oleh para pedagang keliling.[Jabar]

 

Penulis: Era Puspitasari, Askot Safeguard Kota Bogor
Program Kotaku Provinsi Jawa Barat

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.