Beranda Warta Berita CFW-BPM Reguler Disosialisasikan Kota Gorontalo

CFW-BPM Reguler Disosialisasikan Kota Gorontalo

Berita Gorontalo CFW BPM Covid-19 Comments (0) View (305)

Coronavirus disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit yang terbilang baru dan menakutkan. Sejak teridentifikasi sekitar Sepuluh bulan lalu, penyakit ini cepat menyebar hingga berujung pada pandemi di seluruh dunia. Akibatnya hampir seluruh aktifitas perekonomian berdampak terhadap penyebaran Covid-19 dan menyebabkan banyak orang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) terutama pada beberapa perusahaan komvensional.

Melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tanggal 19 Februari No. 177/KPTS/M/2021, tentang Lokasi dan Alokasi Bantuan kegiatan Infrastruktur berbasis masyarakat Tahun Anggaran 2021. Provinsi Gorontalo sendiri masuk prioritas di 7 Kecamatan dan 10 Kelurahan.Tuju Kecamatan antara lain Kota Selatan, Kota Barat, Dungingi, Kota Utara, Kota Timur, Hulonthalangi, dan Kecamatan Dumbo Raya. Sementara 10 Kelurahan yang di SK kan melalui Kepmen PUPR, sebagai pelaksana pemanfaatan kegiatan padat karya tunai atu CFW adalah Limba U Satu, Buliide, Tenilo, Tomulabutao, Dembe II, Dembe Raya, Heledulaa Utara, Padebuolo, Tanjung Kramat dan Kelurahan Botu.

Sosialisai Cash For Work (CFW) dan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) kepada seluruh Stake Holder Kota Gorontalo, termasuk para pengurus Badan Keswadayaan Masyarakat aparat Kelurahan penerima CFW dan BPM reguler Tahun 2021. Ilham Hamid (Team Leader Program Kotaku OSP 8 Provinsi Gorontalo) pada awal sosialisasi melaporkan kepada Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Gorontalo dan Kepala Dinas Perkim Kota Gorontalo bahwa, untuk Tahun 2021, lokasi sasaran CFW ada di 10 Kelurahan.

Dan untuk BPM reguler Kota gorontalo sendiri mendapat ada di 5 Kelurahan. Ini semuanya diperuntukan untuk Kota Gorontalo. Alokasi BPM CFW perkelurahan sebesar Rp. 300.000.000 dan BPM Reguler perkelurahan sebesar Rp. 1000.000.000. Hadir Nurdiana Habibie BPPW Gorontalo pada sambutannya menyampaikan bahwa, sebelum menghadiri kegiatan sosialisasi ini, terlebih dahulu melakukan cross check Dipa Kotaku Gorontalo, ternyata sampai sekarang ini belum turun. Insya Allah dalam waktu tidak terlalu lama akan ada. Lanjut “kata Nurdiana Habibie.”

Jenis Infrastruktur yang menjadi prioritas pendanaan melalui kegiatan padat karya diantaranya, Perbaikan, pembersihan badan jalan, perbaikan bidan permukaan jalan Aspal/beton, paving dan lain-lain. Cash For Work (CFW) atau padat karya tunai tidak diperuntukan untuk membangun, tetapi lebih pada kegiatan yang sifatnya melakukan rehabilitasi pada kegiatan seperti, jalan, Drainase, pasilitas air minum dan sanitasi.

Kegiatan sosialisasi CFW dan BPM Reguler Tahun 2021, dilaksanakan di Aula Kantor Walikota Gorontalo. Kepala Dinas Perkim Kota Gorontalo, Heru Zulkifli Thalib sebelum membuka sosialisasi ini mengatakan, bahwa sehubungan dengan sosialisasi Program Kemeterian PUPR yaitu kegiatan Cash Fror Work atau padat karya tunai (PKT), dan BPM reguler untuk Tahun 2021 yang telah dilaksanakan hari ini.

Menyambung apa yang telah disampaikan oleh Kabalai, bahwa kita tau bersama bahwa sekarang ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan tentu saja ini kita harus waspadai bersama. Dan dampaknya kita rasakan dalam pelaksanan pelayanan pemerintahan saat sekarang ini. Ditingkat kemeterian pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk tahun 2021, itu sudah melakukan penyesuaian terhadap anggaran masing-masing. Sekarang ini kita diperintahkan untuk melakukan refocusing anggaran, artinya kita harus menunda beberapa kegiatan yang lain, untuk kemudian kita arahkan pada uapaya-upaya penanganan Covid-19. Baik itu yang sifatnya penanganan, pencegahan kemudian pemulihan ekonomi dan pemulihan persoalan sosial.

Dalam kondisi seperti itu, Alhamdulillah PU untuk Kota Gorontalo, kita mendapatkan alokasi program yang didalamnya ada alokasi anggaran. Lanjut “Heru Zulkifli Thalib” mengatakan itu saya kira luar biasa dan sangat perlu kita syukuri. Pemerintah Kota tentu sangat mensyukuri dalam hal ini. Karena dalam kondisi kita serba kekurangan. Dengan berkurangnya anggaran di tahun ini, juga Berkah dan Rahmat , bagi 15 Kelurahan yang ada di Kota Gorontalo. Walaupun 15 Kelurahan ini tidak sama program sifat dan bentuk kegiatannya.

Ada 5 Kelurahan kalau Tahun kemarin 4 Kelurahan yang berbeda. 5 Kelurahan BPM reguler dengan dana sebesar Rp. 1000.000.000. Berikutnya kegiatan Cash For Work, ini ada di 10 kelurahan yang melaksanakan padat karya tunai. Artinya dari porsi anggaran itu adalah lebih besar untuk pembayaran upa. Mungkin 60-70% untuk upa Kata Heru Zulkifli Thalib.

Teman-teman dari Program Kotaku ini adalah merupakan mitra pemerintah Kota berkaitan dengan agenda pengurangan kawasan kumuh. Berdasarkan hasil pengurangan kumuh sesuai SK Walikota yang lama, sampai pada akhir tahun 2020, hasil pengurangan dan survei dilapangan, kita masih menyisihkan 41 H.Hasil pendataan baseline yang telah dilakukan dilapangan menjadi kumuh awal sekarang kurang lebih 200,6 H. Dan inilah yang kita agendakan 2020-2024 yang akan didanai baik dari pemerintah pusat sebagai sumber pendanaan terbesar, begitu pulah pemerintah provinsi, juga pemerintah kota. Apa yang dibangun di Kelurahan itu ternyata ikut berkontribusi pada pengurangan kumuh dan pencegahannya.

Harapan pemerintah pusat Bulan Maret ini sudah harus dilakukan pencairan, tentu melakukan persiapan dilapangan dan mengidentifikasi segala sesuatu terkait dengan kebutuhan yang ada. Terutama warga masyarakat yang terdampak Covid-19, warga masyarakat MBR, untuk menjadi tenaga kerja dan lain-lainnya. Dan tentu pada pelaksanaannya menyusuaikan Prokes Covid-19.

Dan kami selaku pemerintah OPD di Kota Gorontalo yang berkaitan lansung dengan kegiatan itu, mulai persiapan, perencanaan dan pelaksanaan menyatakan siap membantu Kata “Heru Zulkifli Thalib”. Karena ini juga menjadi bagian untuk menyampaikan program-program pemerintah Kota Gorontalo berikutnya. Apa yang akan dibangun ini, selain dampak fungsinya, juga dapat memberi dampak perubahan wajah Kota. Sehingga seruan pak Walikota Gorontalo selalu mengingatkan dan menyampaikan, “Benahi Kota, Rumah Kita Bersama”.[Gorontalo]

 


Penulis: Mustar Musyahri, Sub-Prof Komunikasi OSP-8
Program Kotaku Provinsi Gorontalo

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.