Beranda Warta Berita Dirjen CK: Penataan Kawasan Semanggi Harus Sukses

Dirjen CK: Penataan Kawasan Semanggi Harus Sukses

Berita Jawa Tengah Surakarta Dirjen CK Wali Kota Solo Comments (0) View (450)

Direktur Cipta Karya (CK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti berharap penataan Kawasan Semanggi sukses dilaksanakan melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Hal ini diungkapkannya saat meninjau Kawasan Semanggi, Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada Kamis (11/3). Kawasan Semanggi merupakan lokasi skala kota yang sedang dintervensi Program Kotaku di wilayah RW I Kelurahan Mojo, yang dulunya adalah RW 23 Semanggi.

Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Wahyu Kusumosusanto, jajaran Direktorat CK, Kepala Balai Prasaran Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah dan jajarannya, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, Sekretaris Daerah Kota Surakarta, Kepala Dinas Perkim, camat, lurah, Tim Korkot Program Kotaku, Tim OSP Kotaku Jawa Tengah, dan masyarakat terdampak penataan kawasan. "Pokoknya ini harus sukses lho, Pak. Pak wali kota harus support betul," ujar Diana.

Menanggapi itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan, ia akan terus mengawal pelaksanaan serta memfasilitasi kegiatan penataan agar semua permasalahan, seperti legalitas lahan, segera terselesaikan. Wali kota juga menegaskan, jika ada masalah yang sulit diselesaikan maka ia akan datang langsung ke Jakarta guna berkonsultasi.

Dalam kunjungan tersebut, Direktur CK Diana Kusumastuti tampak sangat merespon positif dan puas dengan pendekatan "menata tanpa menggusur" dalam kegiatan National Slum Upgrading Program (NSUP) Kotaku Skala Kawasan dan Program DAK Integrasi. Terlebih untuk DAK Integrasi yang dapat menyasar sampai anggaran perumahan. Diana tampak sangat puas dengan konsep peremajaan kawasan, sehingga ia meminta Tim Kotaku untuk selalu support.

Direktur CK juga melihat pembangunan drainase dan rumah dari bantuan CSR yang sudah berdiri sebanyak 9 unit, sambil menyusuri jalan pesdestrian di atas drainase sabuk menuju lokasi Kawasan Semanggi Segmen 3 di Semanggi Utara. Kemudian rombongan menuju lokasi kawasan HP 16, masih di Kelurahan Mojo yang saat ini sudah rata dengan tanah dan akan dibangun dengan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Integrasi 2021 untuk Segmen I sebanyak 253 rumah, beserta  sarana prasarana (Sarpras) umum, yang akan dilanjutkan untuk Segmen II sebanyak 316 rumah beserta Sarpras umum di tahun 2022.

Dalam kegiatan disampaikan informasi, untuk lokasi RW I Mojo (dahulu RW 23 Semanggi) ada kebutuhan rumah sebanyak 56 unit rumah, tapi baru 9 unit yang didanai CSR. Pendanaan harus dari CSR karena proses legalitas lahan masih berproses hingga saat ini. Diketahui, beberapa minggu setelah kunjungan dari Menteri PUPR beberapa waktu lalu, surat ijin  berupa keputusan Menteri tentang pemberian izin sudah turun (Kepmen No 192/KPTS/M/2021). [Jateng]

Penulis: Ratna Tri Utami, Asisten Kolaborasi dan Kelembagaan Kota Surakarta
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.