Beranda Warta Cerita Musrenbang Sinergikan Perencanaan Pembangunan Kelurahan Bandengan Kendal

Musrenbang Sinergikan Perencanaan Pembangunan Kelurahan Bandengan Kendal

Cerita Jawa Tengah Kendal Musrenbang Kolaborasi Comments (0) View (50)

Dalam rangka pelaksanaan pembangunan di tingkat Kelurahan diperlukan peran serta masyarakat untuk secara aktif terlibat dalam berbagai hal terkait pembangunan di Kelurahan. Tugas Pembangunan tidak semata mata tugas utama pemerintah, hal ini disebabkan paradigma pembangunan kita menganut azas desentralisasi dan otonomi daerah sehingga masyarakat didudukkan perannya sebagai subyek pembangunan, pemerintah lebih mengedepankan perannya sebagai fasilitator dan pelindung dan pengarah (Nahkoda) bagi masyarakat di wilayahnya. Pendekatan bottom Up dinilai lebih tepat karena masyarakat lebih paham tentang apa apa yang mereka butuhkan demi peningkatan kesejahteraan dan kemajuan di lingkungannya. Hal inilah kiranya yang melatarbelakangi pentingnya kegiatan Musrenbang baik di tingkat desa atau kelurahan.

Pada hari Jumat tanggal 22 Januari 2021 di Balai Kelurahan Bandengan telah diadakan kegiatan Musyawarah Pembangunan Kelurahan Bandengan yang dihadiri oleh berbagi pihak baik dari Pemerintah Kelurahan, BKM Mina Makmur, Babinsa , Tokoh Masyarakat, Ketua RW-RT dan unsur perempuan.

Acara yang dibuka oleh Lurah Sutarjo berupaya untuk menggali usulan dan masukan dari berbagai pihak untuk perencanaan pembangunan di Kelurahan Bandengan setahun kedepan. Peserta yang hadir sekitar 30 orang tampak antusias baik memberi masukan atau saran demi kemajuan pembangunan di Kelurahan Bandengan. Terlebih lagi kemungkinan Bandengan akan mendapat pendanaan selain dari dana Alokasi Dana Kelurahan terkait usulan skala kawasan yang sedang digodog dan telah melalui berbagai tahapan yang bertujuan untuk menjadikan kawasan Bandengan – Karangsari sebagai salah satu kawasan pesisir yang lebih rapi, bersih, indah dan nyaman. Hal ini tidak hanya sebagai kebanggaan warga setempat namun juga Kabupaten Kendal pada umumnya.

Dengan kehadiran BKM Mina Makmur yang diwakili oleh Ustad Kamaludin sebagai Koordinator BKM serta Subhan selaku sekretaris BKM kiranya mampu memberi warna agar perencanaan di Kelurahan selalu sinergi dengan perencanaan yang ada di dokumen RPLP yang nota bene produk BKM bersama masyarakat. Sinergi ini dirasa penting agar tidak terjadi tumpang tindih penganggaran sejalan dengan konsep One Village One Plan. Usulan dari masyarakat akan disinkronkan dengan program di tingkat pemerintahan serta instansi terkait , untuk kemudian dilakukan prioritasi kegiatan yang kelak akan diusulkan saat Musrenbang Kecamatan.

Perencanaan yang baik dan matang merupakan separuh keberhasilan oleh karena itu kesuksesan pelaksanan Musrenbang menjadi salah satu poin penting sebelum dana dana dari berbagai sumber dikucurkan di Kelurahan Bandengan. Dalam hal ini pelaksanaan Program Kotaku Tuntas Kumuh turut berkontribusi dalam mendorong pemerintah, Dinas terkait , pihak peduli, BKM dan warga masyarakat untuk menyadari manfaat berkolaborasi. Dengan berkolaborasi maka segala masalah biasa diatasi dengan lebih mudah , dengan harmoni kolaborasi tujuan akan lebih cepat diwujudkan. Bandengan yang Aman, Tangguh dan Mandiri semoga akan segera terwujud dan Pandemi Covid 19 ini akan segera berlalu, amin.[Jateng]

 

Penulis: Wudi Suasono, Fasilitator Kabupaten Kendal
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.