Beranda Warta Artikel Evaluasi Kelembagaan, Langkah Tepat Persiapan Audit

Evaluasi Kelembagaan, Langkah Tepat Persiapan Audit

Artikel Sumatera Selatan Palembang LKM Audit Comments (0) View (1200)

Program Kota Tanpa Kumuh pada Tahun 2020 ini tidak terlepas dari kegiatan Infrastruktur membangun Jalan Andesit, jalan Paving Block dan Drainase untuk mengurangi tingkat persentase kumuh di Kelurahan yang telah dibangun oleh Program Kotaku melalui peran serta dari LKM, KSM dan dukungan dari pihak Kelurahan serta masyarakatnya. Salah satu persiapan yang harus dihadapi setiap tahun untuk pertanggungjawaban hasil dari suatu kegiatan program Kotaku yaitu berupa Audit independent dan Audit BPKP berupa administrasi laporan pertanggungjawaban berupa dari Proposal pelaksanaan Teknis, DED, Pradesign, Dokumen Barjas serta dokumen pendukung lainnya  dan cek fisik kegiatan lingkungan serta kelembagaan LKM itu sendiri.

Upaya mencari potret atau sosok lembaga yang ideal masih menjadi isu yang paling menarik, secara umum penilaian kinerja merupakan kunci penting menuju perbaikan dan kemajuan baik bagi suatu lembaga atau individu. Hanya dengan penilaian kinerja, suatu lembaga dapat mengetahui apakah mereka telah berhasil mencapai tujuan atau tidak, selain itu dengan melihat kinerja kesuksesan atau kegagalan maka suatu pengambil keputusan atau lembaga dapat belajar dan menjadi sadar terhadap tingkat efektifitas dari cara yang di tempuh selama ini, jadi melakukan penilaian kinerja itu sendiri merupakan arena belajar yang sangat efektif bagi lembaga.

Capacity Building merupakan serangkaian stategi yang di tujukan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan responsif dari kinerja kelembagaan, dengan memusatkan perhatian kepada dimensi Pengembangan Sumberdaya, Penguatan Organisasi, serta Reformasi Kelembagaan.
 
Dalam konteks pengembanagn sumberdaya manusia, perhatian di berikan kepada pengadaan atau penyediaan personel yang profesional dan teknis kegiatan yang di lakukan antara lain coaching-coaching kepada lembaga (Pimpinan Kolektif LKM). Dalam kaitannya dengan penguatan organisasi pusat perhatian sistem kepada sistem manajemen untuk memperbaiki kinerja dari fungsi-fungsi dan tugas-tugas yang ada dan pengakuratan struktur mikro, aktifitas yang dilakukan adalah menata sistem pemanfaatan personel yang ada, kepemimpinan, komunikasi dan struktur manajerial dan berkenaan dengan reformasi kelembagaan, perlu diperhatikan terhadap perubahan sistem dan lembaga yang ada serta pengaruh struktur makro.

Kinerja lembaga pemerintahan menggambarkan sampai seberapa jauh lembaga telah mencapai tujuan atau visi yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan strategi yang telah di pilih lembaga tersebut, dalam melakukan penilaian kinerja tersebut di butuhkan dasar teori, sasaran dan parameter penilaian, metode dan konteks penilaian yang jelas. Hal ini penting karena dapat di ketahui dengan mudah mengapa  orang melakukan penilaian, apa saja yang di nilai, bagaimana melakukan penilaian dan dalam kondisi apa mereka melakukan penilaian tersebut.

Efektif tidaknya suatau penilaian tergantung ketika kontek ketika penilaian dilakukan . pengalaman menunjukkan bahwa tingkat pencapaian hasil juga sangat di tentukan oleh kontek lingkungan yang meliputi dukungan internal organisasi (input) dan eksternal organisasi. Dari pengalaman sehari-hari dapat di lihat bahwa lembaga tidak dapat menjalankan tugas pokok kerena ketiadaan dana, sarana dan fasilitas (input) sebagai input penting yang seharusnya sudah tersedia ketika ia di butuhkan. Bagaimana cara merubah pola masyarakat walaupun ketiadaan dana mereka harus terus berupaya untuk menjadikan kelurahan mereka sebagai salah satu contoh kelurahan yang bebas dari kekumuhan dengan menumbuhkan sikap gotong royong dan keswadayaan masyarakat.[Sumsel]

 


Penulis: Lili Habibah, Fasilitator Sosial Tim 01 Palembang
Program Kotaku Provinsi Sumatra Selatan

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.