Beranda Pustaka Pedoman, Juklak, POS POS Penyelenggaraan Program KOTAKU-DFAT

POS Penyelenggaraan Program KOTAKU-DFAT

DFAT Ketahanan Aksesibilitas Air Minum Sanitasi Persampahan Air Limbah Drainase Risiko Bencana POS DFAT View (1641)

Program KOTAKU-DFAT merupakan bagian dari Program KOTAKU yang mendapat dukungan pembiayaan dari Hibah Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT). Sejalan dengan kebijakan Presiden dan Menteri PUPR, maka Program KOTAKU-DFAT difokuskan untuk mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) 2020-2024, yaitu mendukung terwujudnya kota layak huni, inklusif, dan tanpa permukiman kumuh. Tahun 2020 Indonesia menghadapi tantangan pandemi COVID-19 yang berpengaruh sangat signifikan terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di perkotaan. Sehingga, hibah ini juga menjadi salah satu instrumen bantuan pemulihan kondisi sosial dan ekonomi akibat dampak COVID- 19, melalui Pola Padat Karya.

Tujuan dari penyelenggaraan Program KOTAKU-DFAT untuk mendukung tujuan Program KOTAKU sesuai Pedoman Umum KOTAKU, yaitu: “Meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan”.

Program KOTAKU-DFAT dilakukan sebagai upaya penguatan elemen aksesibilitas universal, ketahanan terhadap risiko bencana, dan/atau keberlanjutan lingkungan, terutama berkaitan dengan air minum dan/atau sanitasi yang terdiri dari persampahan, air limbah domestik, dan drainase dengan fasilitasi lokasi percontohan/pilot yang harapannya kemudian menjadi model pembelajaran untuk diadopsi, diadaptasi, dan direplikasi oleh pemerintah daerah di lokasi lainnya.

POS Program KOTAKU-DFAT selengkapnya klik gambar berikut:

 

BACA JUGA :