Beranda Warta Berita CFW Program Kotaku Tanjung Barat Diresmikan

CFW Program Kotaku Tanjung Barat Diresmikan

Program Kotaku Kotaku Jambi CFW PKT BPM BKM BPPW Pandemi COVID-19 Comments (0) View (486)

Kampung Nelayan merupakan salah satu Kelurahan yang berada di wilayah pesisir Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan jumlah penduduk 10.083 jiwa, sebagian besar penduduknya ± 80 % bekerja sebagai nelayan. Pada tahun 2021 Kelurahan Kampung Nelayan merupakan satu-satunya kelurahan di kabupaten Tanjung Jabung Barat yang mendapatkan alokasi dana BPM program KOTAKU. Meskipun alokasi BPM kabupaten Tanjung Jabung barat pada tahun ke dua ini hanya untuk satu kelurahan, tidak menyurutkan semangat pelaku program baik di tingkat kabupaten maupun kelurahan untuk terus menyukseskan pelaksanakan program KOTAKU.

Salah satu bentuk kegiatan guna menyukseskan program KOTAKU adalah melakukan sosialisasi, memperkenalkan program secara lebih luas melalui serangkaian kegiatan atau event tertentu, akan tetapi melaksanakan kegiatan ditengah suasana pandemi covid 19 serta penetapan zonasi dan pemberlakuan pembatasan merupakan kendala tersendiri yang harus disikapi dengan hati-hati agar tidak menimbulkan dampak serius bagi masyarakat. Dalam konteks ini, mengefektifkan pelaksanaan kegiatan dengan tetap menjaga protokol kesehatan adalah pilihan dimana kegiatan dapat terselenggara dan keselamatan masyarakat dapat terjaga dengan meminimlaisir potensi penyebaran covid 19.

Untuk itu pada 29 Juni 2021, bertempat di kelurahan Kampung nelayan dilaksanakan tiga kegiatan dalam satu event kegiatan Program KOTAKU, yakni peresmian kegiatan KOTAKU TA 2020, sosialisasi masal dan pelaksanaan Ground Breaking atau peletakan batu pertama Program KOTAKU TA 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Anggota DPR RI Dapil Jambi, Kepala BPPW Provinsi Jambi, Ketua DPRD, FORKOMPIMDA, Ketua Pengadilan Negeri dan Agama, SEKDA, Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD, Konsultan Pendamping, Camat, Lurah serta tokoh masyarakat dan pelaku program ditingkat kelurahan.

Rangkaian kegiatan diawali dengan laporan pelaksanaan kegiatan Kepala Dinas Perkim Tanjung Jabung Barat Yonheri yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksud untuk memberikan informasi yang seluas luasnya kepada masyarakat agar memahami, mengetahui  hal-hal yang terkait dengan program kotaku, diakhir laporannya kadis perkim juga menyampaikan komitmen untuk menyusun perubahan dokumen RP2KPKP.

Muhammad Salim ketua BKM Bahari Kampung Nelayan mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah dalam mengatasi kumuh di kampung Nelayan serta berharap penanganan kumuh di wilayahnya dapat dilakukan berkesinambungan dan terintegrasi.

Kepala BPPW Provinsi Jambi Azna Legawaty dalam sambutannya menyampaikan bahwa program kotaku merupakan program pemberdayaan yang diharapkan mampu untuk mengurangi dampak ekonomi dan sosial pada pamdemi covid 19, masyarakat dapat upah dalam rangka pelaksanaan pekerjaan dan juga dapat meningkatkan kualitas lingkungan di permukiman itu sendiri jadi intinya memang dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan bahwa kedepan perlu dilakukan update baseline numerik dan riview SK Kumuh.

Sementara itu Anggota DPR RI H.A. Bakri mengungkap “kampung nelayan ini saya juga pernah melaksanakan kegiatan kotaku, tapi beda sekali hari ini dengan suasana bupati dan wakil bupati yang baru. Beliau juga berkomitmen untuk membantu program-program pemerintah daerah, pekerjaan KOTAKU ini harus melibatkan masyarakat selain menikmati hasil kegiatan juga menikmati dampak ekonomi nya.

Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam sambutannya meminta kepala Bapenda untuk selalu menjadikan kegiatan ini tidak hanya sebatas ground breaking saja, perlu upaya sinergis yang terus menerus dalam mengatasi kumuh, dan Insya Allah pemerintah daerah akan terus memfasilitasi dan berharap agar program ini menjadi program yang dirasakan langsung oleh masyarakat di Tanjung Jabung Barat.

Usai sambutan para pihak kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian kegiatan, untuk selanjutnya Bupati dan rombongan melakukan kunjungan lapangan untuk meninjau kawasan kumuh yang belum tertangani. Pada akhir kegiatan secara seremonial dilakukan pengecoran rencana pembangunan jalan oleh Bupati, dan Wakil Bupati, DPR RI dan Kepala BPPW Provinsi jambi.[Jambi]

 


Penulis: Muhammad Sanggo, Askot Mandiri Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Program Kotaku Provinsi Jambi


Editor: EPN

 

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.