Beranda Warta Berita Komisi V DPR: Kotaku Pro Rakyat Harus Dilanjutkan

Komisi V DPR: Kotaku Pro Rakyat Harus Dilanjutkan

Program Kotaku Kotaku Sulawesi Selatan Komisi V DPR DPR BPPW Padat Karya PKT KPP Comments (0) View (596)

Upaya pemerintah dalam membantu masyarakat dalam penyelesaian persoalan permukiman kumuh telah dilakukan dengan berbagai kebijakan salah satunya melalui kegiatan padat karya Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pelaksanaan kegiatan padat karya sangat membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi dimasa pandemi Covid – 19 karena kegiatan padat karya langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pelaksanaan kegiatan padat karya dibeberapa kabupaten/kota provinsi Sulawesi Selatan dikunjungi langsung Komisi V DPR RI diantaranya Andi Iwan Darmawan Aras , Hamka. B. Kady, Muh. Aras dan Sarce Bandoso.

Dihasil kunjungan Anggota Komisi V DPR RI memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan padat karya Program KOTAKU. Mereka menyatakan kegiatan Padat Karya melaui Program KOTAKU harus tetap ada dan dilanjutkan karena sangat bermafaat bagi masyarakat dan membantu pemerintah dalam mewujudkan permukiman yang layak huni, produktif dan berkelanjutan sesuai harapan Presiden RI.

Iwan Darmawan Aras (Wakil Ketua Komisi V DPR RI) akan tetap memastikan kegiatan padat karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan tetap dilaksanakan dan berjanji akan terus meningkatkan anggaran padat karya, salah satu melalui Program KOTAKU karena kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya dan menyelesaikan persoalan permukiman kumuh. Hamka B. Kady lebih lanjut menyampaikan kalau anggaran tidak memungkinkan diperoleh melalui LOAN dari lembaga donor maka harus disiapkan melalui anggaran rupiah murni (APBN) dan saya sudah sampaikan melalui Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk dipersiapkan kedepan. Hal senada juga disampaikan legislator lainnya yang berasal dari Daerah Pemilihan I Sulawesi Selatan.

Muh. Aras menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Padat Karya Program KOTAKU sangat memberi dampak terhadap perubahan wajah permukiman dan prilaku masyarakat. Dengan pembangunan infrastruktur skala lingkungan masyarakat sudah dapat hidup bersih dan sehat dan masyarakat secara sadar tanpa diperintah sudah mau membersihkan lingkungan permukimannya. Sarce Bandaso akan tetap memperjuangkan kegiatan padat karya tetap menjadi perhatian pemerintah untuk tetap dilaksanakan karena sangat memberi manfaat yang sangat besar bagi masyarakat terkhusus dimasa sulit seperti ini.

Apresiasi ini disampaikan karena mereka melihat langsung hasil pelaksanaan kegiatan padat karya Program KOTAKU dan respon pemerintah daerah dan masyarakat saat mereka langsung melakukan dialog. Pemerintah Daerah dan masyarakat sangat mengharapkan kegiatan Program KOTAKU tidak berhenti karena sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan sangat membantu pemerintah daerah dalam penyelesaian persoalan permukiman kumuh.

Kepala Balai Parasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan Ahmad Asiri mengingatkan kepada pemerintah daerah bahwa penyelesaian permukiman kumuh perlu kolaborasi nyata antar pemerintah pusat dan daerah, pemerintah daerah harus  bisa memastikan pelaksanaan kolaborasi muti pihak, keberfungsian Pokja PKP dan Forum PKP karena lembaga ini diharapkan menjadi wadah komunikasi dan informasi antar pemerintah dan stakeholder lainnya dalam penyelesaian persoalan permukiman kumuh.

Team leader Program KOTAKU OSP 9 Provinsi Sulawesi Selatan Kalla Manta berharap pemerintah dan masyarakat tetap dapat memelihara pembangunan infrastruktur melalui pelembagaan Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara. KPP diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam pemeliharaan pembangunan infastruktur yang telah dibangun.

Harapan Komisi V DPR RI, Kepala BPPW Provinsi Sulawesi Selatan dan Team Leader Program KOTAKU OSP 9 Provinsi Sulawesi Selatan disambuta baik oleh Bupati masing-masing kabupaten. Pemerintah daerah siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam mensuseskan penanganan permukiman kumuh sesuai target RPJMN 2020-2024.[Sulsel]

 

 

Penulis: Hasruddin, TA FIC OSP 9
Program Kotaku Provinsi Sulawesi Selatan

 

Editor: EPN

 

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.