Beranda Warta Cerita Sosialisasi CFW Wonosobo, Saat Seni Jadi Strategi

Sosialisasi CFW Wonosobo, Saat Seni Jadi Strategi

Program Kotaku Kotaku Jawa Tengah Jateng Wonosobo Sosialisasi CFW LKM BKM Padat Karya Tunai PKT Comments (0) View (713)

Suatu program akan berhasil jika masyarakat mau menerima serta ikut berpartisipasi di dalamnya. Untuk mengajak agar masyarakat mau menerima program tersebut dibutuhkan pemberian pemahaman atau sosialisasi tentang program tersebut. Demikian juga yang dilakukan oleh LKM Matra Mandiri dan KSM Maju Bersama Kelurahan Tawangsari dalam mengenalkan program program CFW ( padat Karya Tunai KOTAKU) kepada masyrakat.

Berbagai macam upaya dan cara untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman pada masyarakat. Apalagi saat ini LKM Matra Mandiri merupakan salah satu dari 8 Desa/ Kelurahan yang mendapatkan dana BPM CFW tahun 2021 sebesar Rp. 300 Juta.

Untuk menarik minat dan partisipasi masyarakat, LKM Matra mandiri dan KSM bekerja sama menggali potensi yang bisa menarik perhatian dan respon masyarakat. Potensi seni ternyata banyak terdapat di Kelurahan Tawangsari, diantaranya Musik Hadroh dari TPQ Miftahul Huda dan Pemusik Biola dari dusun Penawangan.

Dengan menggandeng dua unsur kesenian tersebut maka pada tanggal  di gelar kegiatan sosialisasi Massal Program CFW ( Cash For Work / Padat Karya Tunai ) Kotaku bertempat di halaman TPQ Mistahul Huda. Hadir pada Sosisalisasi Massal kali ini yaitu : Camat Wonosobo, Bp. Suratman, S.Sos. Lurah Tawangsari, Bp Kiyatno, SH, Ketua RW, Ketua RT, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Koordinator LKM Matra Mandiri beserta anggota, Ketua KSM Maju bersama bersama anggota dan tamu undangan lainnya.

Dalam  sambutannya Bp Umar selaku Koordinator LKM Matra Mandiri Kelurahan Tawangsari berterima kasih atas kehadiran semua warga dan perangkat desa serta semua steakhoder yang di undang pada kegiatan sosialisasi massal. Serta bantuan BPM yang telah diterima Kelurahan Tawangsari. Koord LKM berharap KSM melakukan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan petunjuk yang ada dengan Slogan “ tidak ada dusta diantara kita,

Sambutan selanjutnya oleh Lurah Tawangsari Bp Kiyatno, SH menyampaikan  Kegiatan ini merupakan kegiatan padat karya tunai yakni bantuan dari pemerintah untuk masyarakat dari dampak pandemic covid-19 karena itu Bp Lurah betul-betul berharap agar para pekerja memanfaatkan kesempatan ini guna memenuhi kebutuhan kehidupan yang saat ini sangat sulit akibat dari pandemic covid 19”.

Pada kesempatan itu juga Suratman, selaku camat Wonosobo menyampaikan rasa syukur atas bantuan BPM CFW yang diterima Kelurahan Tawangsari sehingga masyarakat bisa melakukan perbaikan dan pemerilaharaan infrastruktur yang membutuhkan pembenahan. Serta berterima kasih kepada Lurah Tawangsari dan segenap warganya yang sangat aktif dan mendukung program peerintah terutama pemerintah pusat dan pemerintah daerah, Dan jangan lupa untuk selalu menerapkan protocol kesehatan.

Disela sela acara peserta disuguhi penampilan musik dari kelompok Hadroh dari santri Mistahul Huda Dusun Penawangan. Beberapa lirik Syair lagu diubah dan disesuaikan dengan materi dan kegiatan sosialisasi Massal Program CFW. Tak kalah menarik pula permainan biola dan gitar dari seniman dusun penawangan, Mukorodin, dengan syair lagu yang diciptakan, beliau mengajak pada masyarakat untuk berbuat baik sesama, artinya ajakan untuk sama sama menjaga dan memelihara lingkungan menjadi lebih asri.

Penampilan dua kelompok seni tersebut ternyata cukup menghibur karena peserta cukup antusias menyimak acara sampai acara selesai. Kegiatan Sosialisasi massal ini kemudian ditutup dengan doa dari tokoh agama setempat

.[Jateng]

 

 

Penulis: Aris Driyanto, Senior Fasilitator Kabupaten Wonosobo
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.