Beranda Warta Cerita Tandon Air Kramat Punya Cerita

Tandon Air Kramat Punya Cerita

Program Kotaku Kotaku Jawa Tengah Jateng Magelang PDAM Air Comments (0) View (149)

Pada tahun 2015 Air Bersih di Kelurahan Kramat utara khususnya Wilayah RW 08 tepatnya di RT 4 dan RT 5 belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat karena air dari PDAM sering mati. Tri Suharyanto ketua KSM sekaligus menjadi ketua KPP becerita kepada tim Fasilitator dulu masyarakat menggunakan PDAM untuk memenuhi kebutuhan air baku, akan tetapi sering mati.

Sebagai salah satu tokoh masyarakat di wilayah tersebut Tri Suharyanto berkoordinasi dengan LKM agar bisa terwujud adanya tower tendon air karena banyak sumber air yang belum di kelola degan baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Akhirya melalui rembug warga diusulkan ke LKM Mekar Abadi. Pada tahun 2015 direalisasikan pembangunan tower tendon air melalui program PNPM Mandiri Perkotaan.

Setelah Tower tendon air ini terbangun tidak serta merta menyelesaikan masalah pemenuhan air minum di wilayah tersebut. Masyarakat masih harus menaggung biaya sambungan rumah dan operasional awal tentunya membutuhkan biaya. LKM membetuk KPP degan nama KPP Tirta mandiri. Dengan pendekatan yang baik dari LKM dan KPP akhirnya disepakati  warga secara swadaya mendanai biaya sambungan rumah. Setiap bulan warga /penerima manfaat yang bejumlah 17 KK membayar biaya pemakain air sesuai yang tetera pada meteran air. Untuk pemakaian air dikenakan tariff 1500/m3. Masyarakat terbantu karena biaya  bulanan lebih rendah dari biaya PDAM dan kebuthan air minum terpenuhi.

Sampai saat ini setelah kurang lebih 6 tahun bejalan pengelolaan air minum ini masih berjalan dengan baik, walaupun dikelola dengan sangat sederhana. KPP hanya beranggotakan 5 orang yaitu Ketua : Tri Suharyanto  ,Bendahara : Sumarjo dan Anggota 3 orang yang bergantian mendata /mengecek habis air di tiap tiap rumah yang dilayani. Pembukuan masih belum standar. Segala pembahasan tentang pengeloaan air ini di bahas pada saat pertemuan RT. Pengelola merasa masih perlu banyak pembenahan baik di bidang    kelembagaan maupun administrasi keuangan. Oleh karena itu berharap dari KOTAKU bisa mendampingi agar bias berkembang lebih baik.[Jateng]

 

 

Penulis: Satriyo Bimantoro, Fasilitator Teknik Magelang
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

 

Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.