Beranda Warta Cerita Yuk, Tengok Suvenir dari Bank Sampah Blora

Yuk, Tengok Suvenir dari Bank Sampah Blora

Program Kotaku Kotaku Jawa Tengah Jateng Kabupaten Blora Blora Bank Sampah Sampah Comments (0) View (326)

Bank Sampah “Barokah” Desa Mernung Kecamatan Cepu Kabupaten Blora telah mengadakan berbagai pelatihan pembuatan berbagai bunga plastik tas, ros, dompet. Ketua Bank Sampah yang bernama Ibu Khatijah selalu memberikan pengertian tentang manfaat adanya Bank Sampah kepada warga masyarakat Desa Mernung Kecamatan Cepu Kabupaten Blora.
 
Adapun pengertian Bank Sampah itu sendiri adalah sebuah alur atau manajemen pengelolaan sampah khususnya sampah anorganik sejak dari sumbernya (rumah tangga) yang dikelola secara kolektif dan sistematis hingga manfaatnya bisa dirasakan kembali oleh sumbernya (nasabah bank sampah) dan tercatat hasilnya (Kg dan Rp). Bank sampah bertujuan untuk mereduksi sampah yang dihasilkan.

Bagi sebagian orang, mungkin belum terlalu akrab dengan istilah bank sampah. Sesuai namanya, bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan, tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Warga yang menabung yang juga disebut nasabah, punya buku tabungan dan bisa meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam.

Bank Sampah  “Barokah” disamping mengelola sampah plastik botol dan limbah sampah lainnya yang bisa dimanfaatkan, juga melakukan kegiatan pelatihan pembuatan pembuatan berbagai bunga plastik tas, ros, dompet, dll.

Pengurus Bank Sampah “Barokah” dalam menggerakkan pemberdayaan masyarakat dalam melakukan kegiatan pelatihan pembuatan berbagai bunga plastik tas, ros, dompet selalu melibatkan masyarakat sekitarnya di Desa Mernung tersebut. Dalam pelibatan pemberdayaan masyarakat tersebut menggunakan Dana swadaya masyarakat selama mengadakan berbagai pelatihan pemberdayaan masyarakat  khususnya dalam mengadakan berbagai kegiatan pelatihan pelatihan pembuatan berbagai bunga plastik tas, ros, dompet yang terbuat dari botol–botol plastik, limbah-limbah sampah yang bisa dimanfaatkan.[Jateng]

 


Penulis: Riyanto, Fasilitator Sosial K5 Kabupaten Blora
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.