Beranda Warta Berita Sinergi Kotaku Kabupaten Solok Via Lokakarya

Sinergi Kotaku Kabupaten Solok Via Lokakarya

Program Kotaku Kotaku Sumatra Barat Sumbar Solok Forum PKP Pokja PKP PKP Kumuh Comments (0) View (217)

Sesuai dengan amanat undang-undang No 1 Tahun 2011 pasal 94 menyatakan bahwa : “Pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib dilakukan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan/atau setiap orang. Berangkat dari amanat undang undang ini, maka sangat perlu menyiapkan kelembagaan yang representative dan mengakar, baik ditingkat Basis. Masyarakat dalam Bentuk BKM /LKM yang mengakar, maupun di tingkat pemerintah daerah berupa kelembagaan POKJA PKP dan Forum PKP (Kelompok/Forum Perumahan Kawasan Permukiman). Tantangan kegiatan PKP saat ini adalah belum semua pemerintah daerah memiliki kelembagaan POKJA /FORUM PKP yang sesuai dengan Permen PU NO 12 tahun 2020, yang dapat mengakomodir keterlibatan semua pihak (sector dan Aktor) dalam masalah Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP).

Melihat Tantangan ini dan dalam rangka untuk  mendorong terbentuk dan Berfungsinya kelembagaan POKJA dan Forum PKP di Kabupaten Solok salah satu dampingan Program Kotaku, telah melaksanakan Lokakarya, dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten membahas masalah ini, seperti dari Dinas Perumahan  Kawasan permukiman dan pertananahan Provinsi Sumatera Barat, yang menyampaikan tentang Peran, Funsi, dana kegiatan POKJA /Forum PKP yang sesuai dengan permen PU 12 Tahun 2021, serta narasumber lainnya yang mendukung tentang peran dan fungsi kelembagaan.

Lokakarya tingkat kabupaten solok ini dibuka Oleh Sekretaris Barenlitbang Kabupaten Solok Desmalia Ramadhanur yang dilaksankan secara daring  melalui Aplikasi Zoom Meeting dikarenakan masih tingginya penyebaran virus covid 19, dalam sambutan pembukaan beliau mengamanahkan kedepan bahwa perlu adanya kerjasama antara Pemerintah Daerah, masyarakat maupun swasta dalam meningkatkan permukiman yang layak huni dan berkelanjutan yang mana ini selaras dengan peraturan Mentri PUPR No 12 tahun 2020 tentang Peran Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Perumahan Dan Kawasan Permukiman dalam wujud restrukturisasi / revitalisasi Pokja PKP dan pembentukan forum PKP, agar meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembangunan di bidang PKP secara umum dan keberlanjutan penanganan kumuh secara khususdan pemerintah Kabupaten Solok.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 02 dan 03 September 2021, peserta dari lokakarya ini terdiri dari unsur  Pokja PKP Kab Solok, KMW OC-2 Sumatera Barat, Tim Korkot 1 (Kota Solok, Kab Solok dan Kab Sijunjung), Asisten Mandiri Kab Solok, Tim Fasilitator Kab. Solok, Wali Nagari beserta LKM di seluruh Lokasi penerima BPM TA 2021 ini.

Pada hari pertama kegiatan lokakarya Program Kotaku dimulai dengan Diskusi Panel dan sesi Tanya jawab dengan menghadirkan 3 Narasumber utama diantaranya : Yang pertama yaitu Yolly D Asrar dari Dinas Perkimtan Provinsi Sumatera Barat yang pada kesempatan ini memberikan materi terkait Desiminasi Permen PUPR No. 12 Tahun 2020 Tentang Restrukturilisasi dan Revitalisasi Pokja PKP dan pembentukan Forum PKP. Yang kedua yaitu Bajang Ahmadi selaku Team Leader KMW OC-2 Provinsi Sumatera Barat yang mewakili PPK PKP Prov Sumbar yang kebetulan berhalangan hadir dengan menyampaikan materi terkait Arah Kebijakan Dan Strategi Pelaksanaan Program Kotaku 2021. Dan yang ke tiga yaitu Rolly Irawan, yang mewakili Kepala DPRKPP Kab Solok untuk menyampaikan Capaian Program Kotaku (pencegahan dan penanganan Kawasan kumuh Kab/Kota).

Dalam diskusi Tanya jawab yang berlangsung peserta lokakarya sangat antusias dengan beberapa pertanyaan diantarnya dari Nafri dari Barenlitbang Kab Solok dan juga merupakan Anggota Pokja PKP Kab Solok yang menyampaikan pertanyaan kepada Yolly D Asrar terkait mekanisme mengsingkronkan antar anggota Forum PKP nanatinya karena latar belakang yang diluar Dinas atau OPD. Dan tak kalah bersemangatnya para LKM diantaranya Devvy Gusman (LKM Membangkik Batang Tarandam) Nagari Sirukam, Afrianus (LKM Bersama Membangun) dan juga dari Perwakilan Nagari Koto Anau (Riki) dan Nagari Singkarak (Leni) yang juga bertanya kepada Narasumber terkait keberlanjutan Program Kotaku dan Terkait capaian kegiatan Kotaku.

Kemudian acara dilanjutkan di hari kedua dengan kegiatan diskusi membahas beberapa isu strategis yang dibagi menjadi 3 sesi diskusi yang pertama tema yang diangkat yaitu Strategi keberlanjutan program serta  sarana terbangun dan dilanjutkan dengan tema kedua Pemantapan forum PKP dan tema ke tiga atau tema terakhir yaitu Strategi komunikasi dan koordinasi. Kemudian para peserta lokakarya membuat beberapa kesepakatan Lokakarya sebelum acara lokakarya Tingkat Kabupaten Solok ini ditutup dan diharapkan apa yang menjadi kesepakatan nantinya menjadi rujukan dalam penyusunan rencana kerja demi keberhasilan Penanganan Kumuh di Kabupaten Solok.[Sumbar]

 


Penulis: Ahmad Syarifuddin Rambe, SF BPM Kabupaten Solok
Program Kotaku Provinsi Sumatra Barat


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.