Beranda Warta Berita Petani Shelter Waringinsari Jalani Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Petani Shelter Waringinsari Jalani Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Program Kotaku Kotaku Jawa Barat Jabar Banjar Pertanian Comments (0) View (103)

Selasa Pagi 14 September 2021, di Shelter Buah Waringinsari (lokasi BPM Infastruktur pendukung PPMK tahun 2020), sudah disiapkan sekitar 30 kursi yang berjajar rapih bersama beberapa meja… Ya, hari ini akan dilaksanakan pelatihan bagi kelompok tani berjumlah sekitar 30 orang di Desa Waringinsari yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Waringinsari Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Peserta pelatihan peningkatan kapasitas pertananian ini merupakan perwakilan dari kelompok tani yang ada di Desa Waringinsari. Rencananya pelatihan ini akan dilaksanakan dari pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB. Dedi Suryadi, Camat Langensari dalam pembukaan acara memaparkan terkait petani milineal. Di mana hanya pertanianlah yang tidak begitu terdampak adanya wabah covid-19, selanjutnya beliau berpesan kepada para petani agar bisa meningkatkan hasil panennya.

Dedi Suryadi yang baru saja dialihtugaskan ke Kecamatan Langensari sangat memuji dengan bangunan Shelter Buah Waringinsari. Saat diberi tahu oleh Riyanto, selaku ketua kelompok tani Desa Waringinsari bahwa gedung shelter ini merupakan kegiatan BPM infrastruktur pendukung PPMK tahun 2020 program KOTAKU, Dedi Suryadi berpesan agar shelter ini dimanfaatkan sebaik mungkin,  jangan sampai dijadikan tempat maksiat atau dimanfaatkan untuk hal yang tidak baik mengingat lokasinya berada di tengah lahan pertanian dan pemakaman demikian amanatnya.

Selain Camat, pelatihan ini diisi oleh pemateri lainnya yakni PPL Desa Waringinsari dan POPT Kecamatan Langensari. Tentunya dihadiri pula oleh Kuswanti sebagai Kepala Desa Waringinsari dan para pemangku/tokoh masyarakat, babinsa dan babimnas Desa Waringinsari.

Menurut Riyanto, panitia pelatihan pertanian mengatakan bahwa peningkatan kapasitas kelompok tani ini terselenggara dari sumber APBDes Waringinsari dengan harapan para petani di Desa Waringinsari dapat memajukan pertanian Desa Waringinsari dengan didukung pertanian modern. Terutama untuk kelompok tani yang saat ini sedang menggarap tanah desa di sekitar shelter untuk dimanfaatkan sebagai lahan percobaan budidaya cabai dengan sistem pertanian modern.[Jabar]

 

 

Penulis: Linda Irma Juliantika, Fasilitator Sosial K-4 Kota Banjar
Program Kotaku Provinsi Jawa Barat


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.