Beranda Warta Cerita Rumah Terasi Ujung Tombak Perekonomian Lhok Banie 

Rumah Terasi Ujung Tombak Perekonomian Lhok Banie 

Program Kotaku Kotaku Aceh Langsa Lhok Banie Terasi Rumah Produksi Terasi KSM Comments (0) View (190)

Semenjak dibangun rumah produksi terasi di gampong lhokbanie memberikan kontribusi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. kelompok masyarakat yang bekerja mengolah terasi sebanyak 20 orang dan mereka membentuk kelompok yaitu Sinar bahari, ketua kelompok saiful mengatakan mereka sangat berterima kasih untuk program kotaku atas pembangunan rumah produksi  dengan mengunakan bpm livelihood tahun 2021 dengan terbangunnya rumah produksi terasi dan septictank bio sebanyak 2 unit.

Dengan adanya rumah produksi terasi kami sangat terbantu yang pertama kami terhindar dari banjir dan proses penjemuran lebih cepat kering sehingga dapat menambah produktivitas terasi .menurut penjelasan saiful mereka menghasilkan 1000 bungkus/perhari dan harga perbungkus Rp 5000,omset terasi perbulan 150 jt keuntungan perbulan 30 jt sebelum adanya rumah produksi terasi,setelah adanya rumah produksi terasi KSM Sinar bahari dapat meningkatan kapasitas produksi sebesar 12 ton perbulan.

Sejak diresmikan oleh Wakil Walikota Langsa Marzuki Hamid akhir maret tahun 2021.  PJ Geuchik Gampong Lhok Bani Yusri berkata bahwa dengan adanya rumah produksi terasi sangat membantu untuk peningkatan usaha terasi yang dulu tempat prokdusi tidak layak sekarang sangat layak sekali dan menambah produktifitas dari usaha terasi Gampong Lhokbanie.

Kolaborasi dari Disperindangkop dan UKM kota langsa sudah mengusulkan pengadaan oven pengering untuk usaha terasi ini dan sangat diperlukan di musim hujan agar produktifitas terasi tidak berhenti ungkap Kepala Dinas Perindagkop dan UKM kota Langsa Mahlil.[Aceh]

 


Penulis: Maulina Santi, Koordinator Kota Langsa
Program Kotaku Provinsi Aceh

 

Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.