Beranda Warta Berita Kabalai BPPW Kaltim: Laporkan Bila Ada Pungli

Kabalai BPPW Kaltim: Laporkan Bila Ada Pungli

Program Kotaku Kotaku Kalimantan Timur Kaltim Balikpapan BPPW KSM LKM Pungli Comments (0) View (356)

Keluarahan Karang Rejo, kecamatan Balikpapan Tengah, kota Balikpapan merupakan salah satu kelurahan yang menerima bantuan stimulan dari kementrian PUPR melalui program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) untuk menangani permasalahan kumuh sebagaimana tertuang dalam SK Kumuh NOMOR 188.45-326/2020.

Untuk pemanfaatan dana BPM Reguler, LKM Karang Rejo Lestari bersama KSM Damai Bersinar melaksanakan perbaikan infrastruktur lingkungan permukiman sesuai yang ada pada numerik kekumuhan kelurahan Karang Rejo berdasarkan hasil pendataan Baseline seperti, peningkatan kualitas permukaan jalan lingkungan, perbaikan konstruksi drainase serta penanganan sanitasi dengan membangun Bio Septictank bagi masyarakat yang tidak memiliki septictank sesuai standar teknis.

Minggu tanggal 19 September 2021, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) provinsi Kalimantan Timur Sandi Eko Bramana melakukan kunjungan ke lokasi BPM Reguler kelurahan Karang Rejo, didampingi oleh Team Leader OSP 7 FX. Isgiarto bertemu langsung dan berdiskusi dengan anggota KSM Damai Bersinar dan Pimpinan Kolektif LKM Karang Rejo Lestari.

Dalam diskusinya, kepala BPPW menyampaikan agar KSM melaksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik baiknya agar infrastruktur yang terbangun tepat waktu dan tepat mutu. Kepala BPPW juga menegaskan agar KSM dan LKM berhati hati terhadap oknum oknum yang mengatasnamakan Balai PPW kemudian melakukan pungli, demikian juga apabila ada fasilitator pendamping yang melakukan pungli agar segera melapor ke kepala Balai  untuk di tindaklanjuti segera. Karena pada prinsipnya dana BPM Reguler ini merupakan anggaran yang diberikan kepada masyarakat untuk menangani kekumuhan dan di kelola masyarakat melalui LKM dan KSM sebagai pelaksana lapang sehingga beliau tidak menginginkan adanya hal hal yang bersifat penyelewengan atau penyalahgunaan anggaran.

Setelah berdiskusi dengan LKM dan KSM kemudian kepala Balai PPW melanjutkan dengan melihat langsung pekerjaan fisik yang sudah selesai dikerjakan masyarakat di lokasi RT.038 meliputi pekerjaan pembangunan jalan beton, perbaikan drainase, pembangunan turap dan juga pagar jalan lingkungan. Kemudian kepala Balai PPW melanjutkan meninjau pekerjaan drainase di RT.035, rencana pekerjaan pembangunan Bio Septictank di RT.036 dan terakhir di lokasi pembangunan jalan beton di RT.054.

Secara keseluruhan kepala Balai PPW cukup puas dengan pekerjaan yang dilakukan masyarakat dan berharap masyarakat bersama Kelompok Pemanfaat & Pemelihara (KPP) dapat menjaga infrastruktur yang sudah terbangun dengan melakukan pemeliharaan rutin agar infrastruktur terbangun dapat dinikmati masyarkat lebih lama lagi. Kepala Balai PPW juga sangat konsen dengan keberadaan KPP pasca pembangunan, karena peran KPP ini dapat membantu masyarakat dalam melakukan pemeliharaan infrastruktur di permukiman. Sejalan dengan kepala Balai PPW, Team Leader OSP 7 FX Isgiarto juga menyampaikan bahwa peran vital KPP di setiap kelurahan belum didukung dengan regulasi yang tepat sehingga bagaimana kedepannya KPP ini bisa menerima anggaran dari APBD kota untuk mendukung seluruh program kerja KPP baik sosialisasi menerus, pemeliharaan infrastruktur sampa pada perbaikan perbaikan skala kecil sebelum infrastruktur rusak parah.

Di akhir kujungan nya, kepala Balai PPW mengingatkan KSM dan LKM agar taat administrasi, khususnya setiap kali tranksaksi pembelian material agar segera di catatkan dengan rapi dan benar termasuk pembayaran pembayaran upah pekerja, sehingga apabila dikemudian hari dilakukan audit terhadap pemanfaatan dana BPM Reguler, KSM dan LKM mampu mempertanggungjawabkan dengan baik sesuai dengan apa yang sudah dituangkan dalam volume pekerjaan, upah kerja dan operasional LKM. Kepala Balai PPW juga menyampaikan sangat bersyukur dengan adanya kegiatan KOTAKU, masyarakat bisa ikut bekerja dan mendapatkan penghasilan khususnya masyarakat yang mengalami pemutusan hubungan kerja ditengah pandemi covid saat ini.[Kaltim]

 

 

Penulis: Giskard Didimus, Koorkot 2 Kota Balikpapan
Program Kotaku Provinsi Kalimantan Timur

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.