Beranda Warta Berita Pemda Indramayu Dukung Penuh Program Kotaku

Pemda Indramayu Dukung Penuh Program Kotaku

Program Kotaku Kotaku Jawa Barat Jabar Indramayu Kumuh Comments (0) View (282)

Bupati Indramayu Nina Agustina menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kabupaten Indramayu. Sambutan dan dukungan tersebut ia sampaikan saat menerima rombongan tim pendamping Program Kotaku OC-6 Jawa Barat dan Koordinator Kota Indramayu dalam acara ekspose Program Kotaku 2021, di Pendopo Indramayu, Jumat (27/8/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Nina menilai, Program Kotaku yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dapat mengurangi angka kumuh di Kabupaten Indramayu. Orang nomor satu yang belum genap setahun menjabat sebagai bupati di kota berjuluk “kota mangga” itu, juga berharap, penanganan kumuh menjadi agenda bersama lintas stakeholders terkait. “Saya menyambut baik adanya Program Kotaku di Indramayu, karena program ini bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat yang selama ini bermukim di lingkungan yang kurang layak huni dan sehat. Saya dan jajaran Pemda Indramayu yang terkait dalam waktu dekat akan melihat langsung kegiatan Program Kotaku di lapangan, karena program ini bagus sekali”, ujar Nina.

Nina bahkan berjanji jika kondisi di lapangan masih ada sejumlah kawasan kumuh yang belum teridentifikasi dan ditangani program, dirinya siap untuk merevisi Surat Keputusan (SK) Kumuh Bupati sesuai dengan kebutuhan penanganan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Indramayu, Suryono yang juga hadir mendampingi kegiatan ekspose tersebut, turut mengamini apa yang diharapkan bupati. “Sebagaimana Ibu Bupati sampaikan, kami berkomitmen mendukung program ini, karena memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Indramayu”, kata Suryono.

Di tahun 2021, Program Kotaku di Indramayu terdapat tiga skema kegiatan, yakni Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) infrastruktur skala lingkungan, kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) atau Cash for Work dan Penataan Kumuh Skala Kawasan. Kegiatan BPM infrastruktur Skala Lingkungan tersebar di lima desa, kegiatan PKT terdapat sembilan desa, sedangkan untuk kegiatan panataan kumuh Skala Kawasan terdapat di satu desa yaitu Karangampel Kidul, Kecamatan Karangampel.

Keberadaan Program Kotaku dalam mengurangi angka kumuh di wilayah ini tak lepas dari target pengurangan kumuh yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yakni seluas 10.000 hektare secara nasional. Di Kabupaten Indramayu, mengacu pada Surat Keputusan Bupati Indramayu 2021, luasan wilayah sasaran program ini mencapai 547,97 ha. Dan hingga 2020, angka kumuh sudah mampu direduksi hingga mencapai 378,14 ha.[Jabar]

 


Penulis: Sudrajat Goefron Said, TA Sosialisasi dan Komunikasi OC-6
Program Kotaku Provinsi Jawa Barat

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.