Beranda Warta Berita KPP Gading Cempaka-UMB Kolaborasi Dorong UMKM Bengkulu

KPP Gading Cempaka-UMB Kolaborasi Dorong UMKM Bengkulu

Program Kotaku Kotaku Bengkulu Universitas Muhammadiyah Bengkulu UMB KSM Comments (0) View (77)

Untuk menggali potensi dan mendorong jiwa kewirausahaan  serta meningkatkan kapasitas para pelaku usaha kecil di Kelurahan Penurunan, Program KOTAKU Kota Bengkulu melalui KPP berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) menginisiasi kegiatan Pelatihan Kewirausahaan. Kegiatan peningkatan kapasitas tersebut dilakukan pada 21 September 2021 di Gedung Pusat Kuliner PPMK Kelurahan Penurunan Kota Bengkulu dengan peserta sejumlah 20 orang merupakan pelaku usaha yang berasal dari Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) PPMK/PDB Reguler. Seluruh KSM tersebut  dibina oleh UPK BKM Amanah Kelurahan Penurunan maupun pelaku usaha kecil non KSM yang saat ini sedang dan akan memanfaatkan Gedung Pusat Kuliner PPMK Penurunan.

Elmira, selaku Ketua Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) Gading Cempaka yang dipercaya mengelola infrastruktur yang dibangun menggunakan Dana BPM PPMK Tahun 2020 tersebut berharap kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kapasitas pelaku usaha, pengembangan usaha dan kelompok, serta akses modal yang bisa membantu pelaku usaha meningkatkan produktivitas usahanya.

Pada prosesnya, kegiatan pelatihan ini terdiri atas beberapa sesi topik, antara lain sesi Motivasi yang digalang oleh Rio Saputra, yang dikenal sebagai seorang motivator muda di Kota Bengkulu, dilanjutkan dengan topik Kewirausahaan yang disampaikan oleh Elmira Zuliana yang selain pengurus KPP juga berpengalaman dalam bidang motivasi kewirausahaan serta praktisi modal usaha (koperasi).

Topik yang lebih spesifik pada sesi FGD (Focus Group Discussion) dimana peserta dibagi menjadi 5 kelompok dengan 4 narasumber dari Tim Dosen Fakultas Ekonomi UMB dan 1 orang dari KMWOC2 KOTAKU Provinsi Bengkulu, untuk mengidentifikasi potensi serta permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha baik dari sisi permodalan, produksi, pengemasan, dan pemasaran.

Furqonti Ranidiah selaku Dekan FE UMB pada sesi pembukaan berharap bahwa kegiatan ini tidak berakhir sampai disini, namun bisa berkesinambungan. Dengan demikian selain pihak UMB berkontribusi dalam membantu mendorong pengembangan usaha di Kelurahan Penurunan juga dapat mendorong kewirausahaan di Kota Bengkulu. “UMB sangat ingin membantu memberikan berbagai alternatif solusi untuk beragam permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha. Setelah even ini kami akan melakukan kunjungan langsung ke lokasi usaha anggota KSM.” kata Khairul Bahrun pada sesi resume hasil FGD saat menutup kegiatan.[Bengkulu]

 


Penulis: Ruben Harianja, Askot KK Kota Bengkulu
Program Kotaku Provinsi Bengkulu

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.