Beranda Warta Cerita CFW Sijunjung: Solusi Ekonomi Terdampak Pandemi

CFW Sijunjung: Solusi Ekonomi Terdampak Pandemi

Program Kotaku Kotaku Sumatra Barat Sumbar Kabupaten Sijunjung Sijunjung BPM CFW BKM KSM Comments (0) View (89)

Sebagai rasa syukur Wali Nagari (Baca Kepala Desa di jawa)  Nagari Durian Gadang  Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat terhadap masuknya   kegiatan CFW  (Cash For Work) Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Tahun 2021 ke Nagari Mereka, maka  dengan  dipusatkan di depan Kantor Wali Nagari Durian gadang dilakukan  kegiatan Sosialisasi Masal kegiatan CFW yang dihadiri oleh masyarakat umum, masyarakat yang bekerja pada kegiatan CFW dan unsur masyarakat lainya. Dalam sambutannya Walinagari Durian Gadang  Yusril menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui  Pihak BPPW Sumbar atas perhatian yang luar biasa kepada Nagari Durian Gadang, Karena  ditengah pandemi saat ini CFW dapat melibatkan ratusan tenaga kerja masayarakat setempat yang  bekerja dan diberikan upah yang sesuai. Selain mendapatkan penghasilan berupa upah ada modal sosial di masyarakat yang bisa diabngkitkan kembali yakni  budaya gotong royong dan kebersamaan.

Melalui kegiatan CFW Program KOTAKU ini“ Beliau berpendapat Program CFW sangat ideal, dinamis dan sesuai denagn budaya anak nagari dimana kegiatan ini mendorong  masyarakat untuk menjaga sarana prasarana terbangun  dan menciptakan kebersihan dilingkungan masing-masing sehingga permukiman menjadi lebih rapi dan asri”. Diakhir sambuatn  beliau  berpesan dan  berharap supaya BKM .KSM dan Kepala Jorong  mengawasi mengawasi kegiatan ini  dengan seksama, agar dampaknya betul betul dirasakan oleh masyarakat terdampak Pandemi di Nagari Durian Gadang. Memang secara konsep Program CFW akan memberikan bantuan tunai dalam bentuk upah tenaga kerja kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang mengalami Putus Hubungan Kerja (PHK) dan masyarakat yang mengalami penurunan/ kehilangan pendapatan.

Ada beberapa Kegiatan CFW yang dilaksankan di Nagari Durian Gadang, seperti  pembeliharan  Jalan Beton sepanjang 5.613 Meter, Pemeliharaan saluran sepanjann 171 Meter dan Peningkatan Kapasitas Masyarakat 1 Paket yang di laaksaanakan Oleh Kelompok Swadaya Masyarakt ( KSM ) Gunuang Pinang Tungga  dengan total anggaran untuk semua item Kegiatan tersebut sebesar 300 Juta Rupiah.

BKM Ngalau Lagung Nagari Aie Angek Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat adalah juga menjadi Nagari Penerima Bantuan Pemerintah Untuk Masyarakat (BPM) Cash For Work (CFW) Program Tanpa Kumuh (KOTAKU) Tahun 2021 di Provinsi Sumatera Barat. Program CFW merupakan program padat karya tunai yang merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19. Sedangkan yang menjadi Prinsip pelaksanaan kegiatan CFW adalah Partisipatif, transparan dan akuntabilitas, sederhana dan mudah di kerjakan, berkualitas secara layak.

Masyarakat, BKM dan pemerintah Nagari Aie Angek sangat bersemangat dalam merealisasikan kegiatan CFW ini. Karena kegiatan ini sangat membantu masyarakat untuk keberlanjutan ekonomi mereka. Semenjak covid -19 ini kebanyakan masyarakat susah untuk mencari perkerjaan sehingga kebutuhan/pemasukan ekonomi sangat menurun. Pemerintah Nagari Aie Angek bersama BKM Ngalau Logung dan Masyarakat segera melakukan siklus kegiatan CFW mulai dari Sosialisasi, pelatihan, pembentukan KSM pelaksana dan Administrasi kegiatan.

Secara teknis Kegiatan CFW ini dilaksanakan oleh KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) yang diberi nama KSM Pintu Angin dengan susunan pengurus KSM terdiri dari  ketua Inzan Hakiki, sekretaris Osri dan Bendahara Raudhatul Afwa.  selanjutnya KSM menerima tranferan  Dana tahap 1 dari BKM sebesar  (70%) . dan Dana tahap 2 Sebesar  (30%) dari total dana BPM CFW Rp 300.000.000 setelah dikurangi dengan Dana BOP BKM dan untuk kegiatan persiapan lainnya.

Sebelum pelaksanaan kegiatan, Tim Faskel melakukan Pelatihan KSM. Dengan materi seperti (1) Musyawarah Persiapan Pelaksanaan Kontruksi (MP2K), (2) Teknis pemeliharaan kegiatan sarana dan prasarana, (3) Tata cara pengelolaan pembukuan dan (4) laporan keuangan kegiatan CFW. Setelah dirasa paham makan  KSM mencairkan dana yang pertama (70%) seperti untuk pelaksanaan kegiatan di lapangan. Pelaksanaan kegiatan di lapangan teta protocol kesehatan ang ketat seperti mencuci tangan, cek suhu, memakai masker, APD lengkap guna mengantidipasi penyebaran virus covid-19 di lokasi kegiatan CFW.

Semangat tenaga kerja pada saat kegiatan dilapangan sangatlah aktif. Karena memang tukang dan tenaga kerja sangat mengharapkan pekerjaan ini. Dampak dari wabah covid-19 sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat Nagari Aie Angek. Dengan adanya kegiatan BPM CFW ini dapat menolong tukang dan tenaga kerja untuk meningkatkan perekonomian keluarganya. Semoga wabah covid-19 segera berlalu dan perekonomian segera pulih kembali. Aamiin ya rabballalamin. Tetap semangat Masyarakat Nagari Aie Angek, BKM Ngalau Lagung KSM Pintu Angin.[Sumbar]

 


Penulis: Vilka Elvian, Fasilitator Sosial CFW dan Dedy Yulinafri, SF CFW Kabupaten Sijunjung
Program Kotaku Provinsi Sumatra Barat

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.