Beranda Warta Berita Baraya Selatan-Travelo Gagas Pilot Project Tata Permukiman

Baraya Selatan-Travelo Gagas Pilot Project Tata Permukiman

Program Kotaku Kotaku Sulawesi Selatan Sulsel Makassar Bara Baraya Selatan Permukiman Comments (0) View (457)

Pemaparan Pilot Project "BARSEL BERCAHAYA" yang dilaksanakan oleh BKM Julu Ati Kelurahan Bara Baraya Selatan Pada hari Minggu Tanggal 10 Oktober 2021 bertempat di Kantor Kelurahan Bara Baraya Selatan. Pada kesempatan tersebut Ketua LPM Kelurahan Bara Baraya Selatan, Asisten GIS (Wahyu Hidayat) OPS 9 Sulsel KOTAKU, Tim Faskel 8 Makassar (Suprianto dan Giri Wahyudi) KOTAKU, Ketua Ketua ORW dan ORT serta para undangan yang berasal dari tokoh masyarakat, Pemuda Pecinta Alam Bara-Baraya Selatan dan Tim Travelo.id. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran program penataan kumuh sebagai output dari kegiatan Pendataan Partisipatif yang telah dilakukan. Sehingga arahnya akan dilakukan secara kolaboratif dengan pemangku kepentingan atau stakeholder.

Penataan Lingkungan Kumuh sebagai Program KOTAKU adalah upaya Pemerintah dalam mencegah, mengendalikan dan memberdayakan masyarakat terkait dengan perilaku masyarakat melalui dukungan reformasi kebijakan sehingga memerlukan penguatan mekanisme, kapasitas dan kemitraan agar program penataan kumuh bisa berjalan dengan baik.

Kegiatan Pemaparan Pilot Project yang dilakukan oleh BKM Julu Ati Kelurahan Bara Baraya Selatan adalah upaya dalam memanfaatkan produk data yang telah dilakukan oleh masing masing ORT diwilayahnya masing masing melalui kegiatan Pendataan partisipatif untuk diolah dan dianalisis guna didapatkan titik titik wilyah lingkungan yang memerlukan perbaikan dari segi infrastruktur disamping itu juga menggali potensi wilayah (ekonomi, sosial, budaya) yang ada di masing masing wilayah.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua LPM kelurahan bara Baraya Selatan, bahwa Pilot Project ini merupakan gambaran yang ingin dicapai kedepan oleh Kelurahan Bara Baraya Selatan menuju Kampung yang "BERCAHAYA" sebagaimana motto yang  ingin dibangun. Perlu dukungan dari semua pihak agar pilot projek ini dapat berjalan dan berhasil karena merupakan pilot projek yang lumayan besar anggarannya yang secara visual akan merubah wajah kelurahan kedepan sebagaimana Visi Kota Makassar menuju Kota dunia.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Asisten GIS OPS 9 Provinsi Sulsel KOTAKU Wahyu Hidayat yang mengatakan bahwa Pilot Projek ini telah memuat visi dan misi kelurahan Bara Baraya Selatan sebagaimana motto Kampung "BERCAHAYA" (Bersih, Cerdas, Aman, sehat dan Berbudaya)  menuju tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) menjadikan kota dan permukiman inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan. Setiap kegiatan pembangunan dilandasi oleh tujuan untuk memberikan kesejahteraan sosial dan keadilan bagi masyarakat. Sehingga sangat diharapkan Pilot Project ini bisa menjadi ikon baru Kelurahan di Kota Makassar.

Pilot Project ini merupakan model perencanaan dan design Penanganan Kumuh dalam menganalisis kebutuhan wilayah, yang memang dalam Pilot Project ini menggunakan 4 Segmen yang diambil dari jumlah 4 ORW yang ada dalam Kelurahan Bara baraya Selatan dan dari 4 Segmen ini memiliki isu dan Potensi berbeda yang memerlukan penanganan.

Dalam Kesempatan ini hadir pula Tim Travelo. Id sebagai salah satu Perusahaan Jasa Transportasi Makassar yang mencoba memaparkan profil perusahaan dan mengenalkan aplikasi jasa transpor yang murah dengan kemudahan dan voucher gratis dan akan diundi dengan hadiah yang menarik. Nampak begitu antusiasnya undangan yang megikuti kegiatan ini dan pihak Travelo Id memberikan apresiasi atas kegiatan ini dan akan mensupport Pilot Project ini sebagaimana tujuan dari Perusahaan ini dalam mengembangkan ekonomi kreatif Masyarakat yang dalam waktu dekat akan membangun Kemitraan dengan BKM Julu Ati melalui Pemasaran Produk pada Masyarakat dalam wilayah Kelurahan Bara Baraya Selatan.[Sulsel]

 

 

Penulis: Harman Thahir, Sekretaris BKM Bara-Baraya Selatan
Program Kotaku Provinsi Sulawesi Selatan

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.