Beranda Warta Artikel Ini Formula untuk RPLP Partisipatif dan Kolaboratif

Ini Formula untuk RPLP Partisipatif dan Kolaboratif

Program Kotaku Kotaku Sumatra Barat Sumbar Payakumbuh RPLP RP2KPKP QS Comments (0) View (422)

RPLP (Rencana Penataan Lingkungan Permukiman) merupakan sebuah dokumen perencanaan permukiman/permukiman kumuh tingkat kelurahan/desa yang disusun secara partisipatif guna  mewujudkan keterpaduan/keselarasan perencanaan tingkat kelurahan/desa dan perencanaan tingkat Kabupaten/Kota. RPLP merupakan dokumen rencana 5 (lima) tahun sebagai instrumen kolaborasi Kelurahan/Desa dalam penanganan permukiman kumuh yang disusun untuk mencapai 0 persen kumuh  dan mencegah tumbuhnya kumuh baru di satu kelurahan. RPLP memuat perencanaan penanganan permukiman kumuh yang komprehensif, mencakup aspek lingkungan, sosial dam ekonomi (livelihood) dan rencana penataan lingkungan permukiman secara spasial, yang terkonsolidasi dengan RP2KPKP.

RPLP disusun dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip pengelolaan dan dampak sosial, gender, kelompok rentan (anak-anak, lansia, dan disabilitas), serta pengurangan resiko bencana. RPLP memuat rencana aksi keterpaduan program dari berbagai sumber pendananaan termasuk swadaya masyarakat, yang dibutuhkan untuk mendukung rencana penanganan tujuh aspek kumuh dan sosial ekonomi.

Khusus untuk pengendalian yang dilakukan selama proses penyusunan Dokumen RPLP adalah oleh Asisten Urban Planer UP. Mulai dari mengisi progress capaian Dokumen RPLP ke QS, berkoordinasi ke tim setiap dua hari sekali terkait kebutuhan data dan peta, membuat QS untuk tim sebagai kendali di wilayah dampingan masing-masing tim, dan melaksanakan monitoring seminggu sekali ke posko tim.

Dengan melakukan minimal empat tahapan di atas, maka kualitas RPLP akan dapat menjawab tantangan permasalah peningkatan dan pencegahan  kumuh di sebuah desa/kelurahan dampingan. Semoga.[Sumbar]

 


Penulis: Alyus Martaperi, Askot Urban Planner Kota Payakumbuh
Program Kotaku Provinsi 

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.