Beranda Warta Artikel Di Agam, Begini LPJ yang Seharusnya

Di Agam, Begini LPJ yang Seharusnya

Program Kotaku Kotaku Sumatra Barat Sumbar Kabupaten Agam IBM PKT CFW KSM LKM LPJ Comments (0) View (560)

Dalam setiap pekerjaan yang dilaksanakan pasti akan diakhiri dengan yang namanya pertanggung jawaban kegiatan. Begitu juga Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) secara regulasi merupakan salah satu Program Padat Karya Tunai (PKT) atau cash for work yang dilaksanakan Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya yang secara teknis mengedepankan sinergi antara pemerintah daerah (Pemda) dan Kelompok Masyarakat dalam melaksanakan perbaikan kualitas kawasan permukiman kumuh di perkotaan. Jadi keterlibatan masyarakat dalam kegiatan adalah kata kunci utama kegiatan CFW.

Setelah pekerjaan dilaksanakan harus ada laporan pertanggungjawaban atau disingkat dengan LPJ. Implementasi penyusunan laporan tidak semudah yang dibayangkan oleh sebagian orang, terutama bagi masyarakakat awam yang terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan. Dan tantangan utama laporan kegiatan IBM (Infrastruktur Berbasis Masyarakat) yang di siapkan harus mudah dipahami oleh masyarakat maupun pemerintah. 

KSM (kelompok swadaya masyarakat) yang merupakan ujung tombak pelaksana kegiatan infrastruktur harus mampu menyiapkan laporan yang diminta oleh program dan pemerintah. Secara umum, LPJ dapat diartikan sebagai laporan atau dokumen tertulis berisi penjelasan lengkap pelaksanaan sebuah kegiatan dari awal hingga akhir yang bertujuan sebagai bentuk tanggung jawab dari suatu unit organisasi pada unit organisasi di atasnya.

Laporan pertanggungjawaban semestinya mencakup Laporan Pelaksanaan Kegiatan, yang mencakup tujuan, manfaat, serta penjabaran kegiatan dari awal hingga akhir dengan jelas dan mendetail. Hal ini diperlukan untuk menilai apakah kegiatan yang dilakukan sudah tepat sasaran sesuai tujuan awal atau tidak, sesuai dengan proposal awal atau tidak. Jika ditemukan ketidaksesuaian, harus dijelaskan alasannya. LPJ penting lainnya adalah Laporan Penggunaan Dana; yang harus mencantumkan penggunaan dana agar mempermudah pembukuan dalam organisasi. Laporan penggunaan dana ini bermanfaat untuk rekap seberapa besar dana yang diperlukan untuk membiayai sebuah kegiatan, apakah dana dipergunakan secara efektif atau tidak, apakah dana yang dikeluarkan sesuai proposal yang diajukan, dan sebagainya.

Untuk memenuhi cakupan LPJ tersebut maka diadakanlah pelatihan KSM. Yang mana pelatihan KSM sebagai syarat awal sebelum pelaksanaan kegiatan. Selain dari pelatihan yang dilaksanakan secara formal di Nagari dampingan maka tim fasilitator juga mengadakan coaching di posko tim. Tujuan dari coaching ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan KSM untuk penyusunan laporan pertanggungjawaban. Harapannya, kelak KSM-KSM yang telah dilatih menerapkannya tidak hanya untuk Program Kotaku tapi juga bisa untuk program-program lain. Sehingga eksistensi KSM dari Program Kotaku bisa diandalkan untuk kegiatan-kegiatan di nagari.

Semoga ke depannya LPJ yang telah dibuat oleh KSM dapat dipertanggungjawabkan bersama oleh semua pihak. Baik itu KSM, LKM, Pemerintahan kelurahan, dan seluruh stakeholder terkait. Setuju?[Sumbar]

 


Penulis: Abrar Amri, Senior Fasilitator Tim BPM Kabupaten Agam
Program Kotaku Provinsi Sumatra Barat

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.