Beranda Warta Berita Lokakarya Babel Jadi Momentum Kuatkan Tujuan Anti-Kumuh

Lokakarya Babel Jadi Momentum Kuatkan Tujuan Anti-Kumuh

Program Kotaku Kotaku Bangka Belitung Babel Pangkalpinang Bangka Barat Kumuh Comments (0) View (194)

Kabupaten Belitung Timur, Kota Pangkalpinang, dan Kabupaten Bangka Barat telah melaksanakan kegiatan lokakarya kota/kabupaten selama dua hari yang dilaksanakan secara daring. Kabupaten Belitung Timur memulai kegiatan pada 27-28 Oktober 2021, dilanjutkan Kota Pangkalpinang pada 4-5 November 2021, dan Kabupaten Bangka Barat pada 8-9 November 2021. Kegiatan yang semestinya dilaksanakan secara tatap muka, namun dalam mendukung upaya pencegahan dan penyebaran covid 19 dialihkan secara daring. Secara substansi hal tersebut tetap menjadikan seluruh elemen terkait agar memastikan kegiatan berjalan dengan baik meskipun dilaksanakan secara daring.

Program Kotaku seperti yang disampaikan oleh Radmida Dawam selaku Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, bermaksud untuk membangun sistem terpadu dalam penanganan permukiman kumuh, dimana pemerintah daerah memimpin dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan dalam perencanaan dan implementasinya serta mengedepankan partisipasi masyarakat. Keberhasilan dalam penanganan kumuh sangat ditentukan oleh kolaborasi stakeholder yang dipimpin oleh pemerintah daerah dan dukungan partisipasi aktif masyarakat. Dalam rangka menggalang aksi kolaborasi untuk penanganan perumahan dan permukiman kumuh, maka perlu dilakukan lokakarya.

Senada dengan yang disampaikan Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Bupati Bangka Barat Sukirman dalam sambutannya pada pembukaan lokakarya menyampaikan bahwa dibutuhkan komitmen pemda dan stakeholder terkait untuk terlibat dalam upaya penanganan kumuh untuk mewujudkan permukiman layak huni, dan berkelanjutan baik dilokasi pencegahan maupun dilokasi peningkatan. Untuk itu, lokakarya merupakan bentuk ruang diskusi untuk menentukan langkah-langkah strategis dalam penanganan kumuh secara komprehensif dan kolaboratif baik dari segi pembiayaan maupun program.[Babel]

 


Penulis: Allex Sander, Tenaga Ahli Komunikasi OC-04
Program Kotaku Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.