Beranda Warta Berita Lokakarya Kotaku Aceh: Komitmen Bersama Tangani Kumuh

Lokakarya Kotaku Aceh: Komitmen Bersama Tangani Kumuh

Program Kotaku Kotaku Aceh PKP Pokja PKP Forum PKP Kumuh Comments (0) View (214)

Lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) 2021, 8-9 November 2021 menghasilkan komitmen Aceh bersama keberlanjutan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman. Komitmen Aceh bersama ini disepakati oleh seluruh peserta yang hadir dalam lokakarya ini antara lain perwakilan Pemerintah Aceh, Balai Prasana Permukiman Wilayah Aceh, Satker Pembangunan Prasarana Permukiman, dan perwakilan kabupaten/kota.

Penandatanganan komitmen berisi antara lain kebutuhan Regulasi (Qanun) penanganan dan pencegahan kumuh sebagai aturan pelaksanaan penanganan dan pencegahan kumuh di setiap pemerintah kabupaten/kota. Kedua, terkait infrastruktur yang telah dibangun agar tetap berfungsi dan bermanfaat, maka perlu optimalisasi peran kelompok pemanfaatan dan pemeliharaan infrastruktur. Ketiga Revitalisasi dan optimalisasi peran kelembagaan Pokja Perumahan dan kawasan permukiman (PKP) dan Forum PKP. Keempat kolaborasi penanganan dan pencegahan permukiman kumuh dan perumahan kumuh dengan pemerintah daerah sebagai nakhoda, serta kelima penyusunan rencana pembangunan dan pengembangan PKP. Dan yang keenam adalah, replikasi Program Kotaku oleh pemda untuk pengembangan PKP.

Dalam sambutan Sekda Provinsi Aceh yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Perekonomian, Keuangan, dan Pembangunan Iskandar Syukri, kegiatan lokakarya bertujuan agar semua stakeholder paham tentang kebijakan, arah, program dan peran daerah dalam penanganan kumuh tahun 2021.  Selain itu juga untuk memahami bentuk kontribusi pemerintah daerah dalam penanganan kumuh dan terbangun kesepakatan dalam menghitung pengurangan kumuh setiap kabupaten kota. Lebih dari itu diharapkan melalui kegiatan ini akan melahirkan cara pandang dan paradigma yang sama dalam menanggulangi berbagai persoalan yang ada di kawasan permukiman warga masyarakat.

Pemerintah pusat melalui melalui peraturan menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat nomor 12 tahun 2020 juga telah merumuskan dan mengamanahkan untuk melakukan restrukturisasi terhadap kelembagaan Pokja PKP dan membentuk Forum PKP untuk memberi ruang yang lebih besar kepada masyarakat untuk ikut berperan serta sehingga upaya percepatan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman di Provinsi Aceh dapat tercapai secara menyeluruh dan terarah.

Melihat pentingnya kegiatan ini, maka diharapkan Pokja PKP di kabupaten/kota dapat memaparkan secara lengkap kondisi kekumuhan dan capaian pengurangan kumuh di masing-masing kabupaten/kota serta permasalahan yang dihadapi. Termasuk juga rencana program kegiatan dalam rangka menyelesaikan permasalahan sesuai aspek-aspek kumuh yang ada.[Aceh]

 


Penulis: Budi Luhur, TA Komunikasi OC-
Program Kotaku Provinsi Aceh

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.