Beranda Warta Berita KPP Kelola Hasil CFW 2021 Samarinda 

KPP Kelola Hasil CFW 2021 Samarinda 

Program Kotaku Kotaku Kalimantan Timur Kaltim Samarinda CFW Padat Karya Tunai PKT Pandemi COVID-19 Comments (0) View (348)

Rangkaian acara diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, dan sambutan oleh Kepala Satuan Kerja BPPW Kaltim C. Aji Nusanto dan Kepala Pejabat Pembuat Komitmen Wishnu Wibisono, setelah itu dilakukan serah terima. Tampak hadir mengikuti acara dari wakil Dinas Perkim Kota Samarinda, 10 kepala lurah lokasi sasaran CFW, serta unsur pelaku Program Kotaku Provinsi, Koordinator Kota Samarinda, dan sejumlah tamu undangan warga dan tokoh masyarakat setempat.

Serah terima secara simbolik dilakukan secara berjenjang. Pertama dari pelaksana kelompok swadaya masyarakat kepada lembaga keswadayaan masyarakat. Kedua dari LKM kepada Satker Balai Prasarana Permukiman Wilayah ketiga dari Balai diserahkan kepada kepala lurah diteruskan kepada KPP (Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara). "Serah terima program CFW kepada masyarakat menjadi titik balik untuk pengelolaan pemeliharaan hasil pelaksanaan kegiatan," ucap Aji Nusanto.

Lebih lanjut Aji Nusanto menjelaskan program CFW memiliki tujuan memberikan bantuan tunai dalam bentuk upah tenaga kerja warga masyarakat yang terkena dampak COVID-19, seperti pemutusan hubungan kerja. Membantu pemulihan ekonomi masyarakat agar meningkatkan daya beli masyarakat  dan perbaikan pemeliharaan fungsi aset infrastruktur.

Ada 10 kelurahan yang menerima program CFW di kota yang berslogan membangun peradaban yakni Kelurahan Bukuan, Kelurahan Bantuas, Kelurahan Baqa, Kelurahan Sempaja Selatan, Kelurahan Dadi Mulyo, Kelurahan Handil Bhakti, Kelurahan Simpang Tiga, Kelurahan Air Putih, Kelurahan Sungai Keledang, dan Kelurahan Sungai Pinang Luar. Koordinator Kota Samarinda Galang Setiawan menyatakan kegiatan CFW 2021 ini mampu menyerap jumlah tenaga kerja sebanyak 1.897 orang, dengan serapan upah tenaga kerja Rp 2.562.090.000.

Seorang pemanfaat, Bardan dari Kelurahan Dadi Mulya, menyatakan sangat senang dan gembira karena selama pandemi, program padat karya telah membantu meningkatkan penghasilan warga masyarakat. "Upah kerja kami ini dikatakan cukup tidak cukup, ya cukup. Yang penting bisa untuk ngopi," ucap Bardan, yang disambut tepuk tangan. Bardan berharap progam CFW ini dalam bulan depan atau tahun depan 2022 bisa diadakan lagi.[Kaltim]

 

 

 

 


Penulis: Yan Edi D.S., Sub-Komunikasi OSP-7
Program Kotaku Provinsi Kalimantan Timur

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.