Beranda Warta Cerita CFW Selesai, Warga Sikayu Gelar Tasyakuran

CFW Selesai, Warga Sikayu Gelar Tasyakuran

Program Kotaku Kotaku Jawa Tengah Jateng Kabupaten Pemalang Pemalang CFW LKM KSM COVID-19 Comments (0) View (155)

Tradisi budaya masyarakat adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan bermasyarakat. Beragam budaya dan tradisi yang ada di suatu wilayah terutama di wilayah Jawa Tengah yang masih memegang teguh budaya yang merupakan warisan turun temurun. Untuk wilayah pantura khususnya wilayah Pemalang kecamatan Comal Desa Sikayu. Secara umum dalam malam jumat kliwon adalah Ziarah Kubur, tahlil, dan Yasinan acara bersifat keagamaan.

Namun Pada kesempatan kali ini dirasa lain dari biasanya karena bertepatan dengan dipenghujung kegiatan CFW dimana semua kegiatan sudah hampir selesai dan telah dilakukan sertifikasi. Dalam catatan sertifikasi hanya perlu perbaikan yaitu di kegiatan drainase yang aliran airnya belum bisa lancer alias air tidak mengalir dan perlu perhatian untuk melakukan pembersihan dan menegcek drainase tersebut terutama yang di gorong-gorong. Dari catatan tersebut sudah ditindak lanjuti oleh KSM.

Kegiatan pada malam jumat kliwon ini di isi dengan tasyakuran bahwa Sikayu merupakan salah satu wilayah di kecamatan Comal mendapatkan Programn CFW (Cash For Work) atau yang lebih familiar dikenal masyarakat padat karya. Yang bertujuan dalam bantuan covid – 19. Kegiatan ini di prakarsai oleh kadus setempat yang kebetulan lokasinya terdapat pekerjaan yaitu Subroto. Kegiatan tasyakuran ini juga diharapakan oleh masyarakat sekitar semua keperluan acara di sediakan masyarakat secara swadaya. Baik berupa konsumsi perlengkapan layos dan lain-lain.

Acara ini dihadiri dari Pemerintahan desa, LKM Rakyat Bahagia, KSM Gotong Royong masyarakat sekitar. Agenda ini di isi Sosialisasi Lanjutan yang disampaikan oleh Kepala Desa Sikayu yaitu Mochamad Nasir yang memberikan pesan yaitu Kegiatan yang dikerjakan diseluruh Wilayah agar masyarakat menjaga dan memelihara. Baik dari kegiatan CFW maupun yang didanai dari Dana Desa atau lainnya. Selain itu juga himbauan kepada masyarakat tentang pencegahan Pandemi Covid-19. Agar masyarakat tetap patuh pada anjuran pemerintah tentang 5M. karena banyak diantara masyarat yang hadir tidak menggunakan masker.[Jateng]

 

 

Penulis: Boby Eko Ferianto, Senior Fasilitator Kabupaten Pemalang
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

 

 

Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.