Beranda Warta Cerita Di Sine Sragen, CFW Berdampak 'Plus'

Di Sine Sragen, CFW Berdampak 'Plus'

Program Kotaku Kotaku Jawa Tengah Jateng Kabupaten Sragen Sragen PKT CFW BKM LKM KSM APD Pandemi COVID-19 Comments (0) View (197)

Sebagaimana kita ketahui, hampir di seluruh dunia khususnya bangsa Indonesia dari 2019 sampai 2021 ini mengalami krisis kesehatan secara global dikarenakan adanya wabah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dikenal dengan Covid 19/Corona. Kejadian munculnya pandemi virus corona atau covid-19 mampu melumpuhkan aktivitas semua kalangan masyarakat yang dilakukan di luar rumah. Sehubungan dengan kondisi tersebut, Kementerian PUPR dengan mempertimbangkan dampak pandemi yang lebih luas memulai upaya mitigasi terhadap COVID-19 dengan memberikan penghasilan tambahan untuk kelompok berpenghasilan rendah melalui Program KOTAKU dengan skema Padat Karya Tunai (PKT) atau Cash for Work (CFW)  supaya adanya pergerakan perekonomian di tingkat masyarakat.

Diantara Tujuan Kegiatan CFW adalah memberikan bantuan tunai dalam bentuk upah tenaga kerja kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang mengalami Putus Hubungan Kerja (PHK) dan masyarakat yang mengalami penurunan/kehilangan pendapatan; selain itu juga terpeliharanya aset infrastruktur melalui pemeliharaan dan perbaikan yang dibangun program KOTAKU maupun Program IBM lain melalui swakelola masyarakat (BKM/LKM).

Tetapi ternyata program Padat Karya Tunai (CFW) ini juga dimanfaatkan oleh KSM Mandiri Makmur, LKM Sine Sejahtera dan pihak Pemerintah Kelurahan Sine Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen dengan membuat strategi pengunaan tenaga kerja ditawarkan dulu ke anggota KSM Ekolir khusunya yang macet, sehingga selain Program CFW berjalan, tanggung jawab KSM Ekolir juga ada pergerakan angsuran. Strategi LKM Sine Sejahtera ini membuahkan hasil, dengan banyaknya tenaga kerja dari KSM macet yang mendaftar dan bekerja sebagai tenaga kerja di  Program CFW ini dan kebanyakan adalah kaum hawa/perempuan.

Harsasi warga RT002-RW011 salah seorang Tenaga kerja perempuan yang merupakan anggota KSM Ekolir mengaku senang d engan  kegiatan  ini, selain  mampu menambah penghasilan, juga bisa mulai mengangsur dalam KSM Ekolir, dengan prosentasi 20% dari pendapatan perminggu. Angka 20% tersebut merupakan kesepakatan bersama antara KSM Ekolir, KSM CFW (KSM Mandiri Makmur) BKM Sine Sejahtera dan Pihak Kelurahan.

Program CFW di kelurahan Sine Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen ini tetap menggunakan protokol Kesehatan dan menggunakan kelengkapan APD lengkap. Sehingga pelaksanaan kegiatan di lapangan dapat terlaksana dengan memperkecil dapak penularan Covid 19 dan resiko kerja. Semoga ditahun kedepan masih ada program CFW lagi.[Jateng]

 

 

Penulis: Handoko Ponco, Fasilitator Teknik Kabupaten Sragen
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.