Beranda Warta Cerita Saat Dian Menjadi 'Dian' CFW Kelurahan Sidorejo

Saat Dian Menjadi 'Dian' CFW Kelurahan Sidorejo

Program Kotaku Kotaku Jawa Timur Jatim Tuban Sidorejo CFW BKM KSM Comments (0) View (120)

Bermanfaat bagi masyarakat merupakan tujuan hidup, dapat mengabdi untuk kepentingan lingkungan sekitar adalah harapan yang selalu dipanjatkan, dan bergabung menjadi relawan bagi kelangsungan hajat hidup orang banyak adalah panggilan nurani. Gambaran sikap dan kepribadian yang disandang oleh Dian, panggilan akrab Sekretaris KSM Sidomakmur, Kelurahan Sidorejo, Kabupaten Tuban.

Nama lengkapnya Dian Okta Lestari, Dara kelahiran 27 Oktober 1999 ini juga seorang mahasiswi tingkat akhir pada Universitas Ronggolawe Tuban yang memiliki dedikasi tinggi bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di lingkungan sekitarnya. Aktivitas sosial kemasyarakatan telah dilakoninya sejak lama dengan bergabung di karang taruna dan beragam kegiatan kepemudaan lainnya. Melalui rembuk masyarakat Kelurahan Sidorejo Dian didapuk menjadi sekretaris KSM Sidomakmur dalam melaksanakan kegiatan Cash For Work (CFW) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Tahun Anggaran 2021.

Perannya sebagai sekretaris dijalankan dengan penuh kegembiraan dan komitmen tinggi, sigap menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan program. Mulai dari pemenuhan proposal kegiatan, identifikasi sasaran kegiatan, rekruitmen tenaga kerja, penyiapan daftar hadir pekerja, pengambilan dokumentasi kegiatan, sampai dengan penyusunan laporan pertanggungjawaban kegiatan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Gadis berpenampilan kalem dan murah senyum ini tak segan berbaur dengan para pekerja untuk mengecek kehadiran dan meminta tanda tangan para pekerja. Terik matahari yang menyengat tak pernah menyurutkan langkah untuk menuntaskan kewajibannya.

Dikonfirmasi mengenai motivasinya dalam melaksanakan peran sebagai sekretaris KSM Sidomakmur, Dian menyatakan, "Saya merasa dihargai ketika mendapat kepercayaan untuk berproses bersama para sesepuh dan tokoh-tokoh masyarakat. Tidak banyak yang mendapat kesempatan seperti yang saya terima." Dia melanjutkan, menjadi pelaksana program adalah amanah yang yang harus ditunaikan, sebab manusia akan selalu dilihat jejaknya apakah berperilaku baik atau sebaliknya, dan rekam jejak itu akan dikenang sepanjang hayat.

Sebuah filosofi hidup yang sangat mulia dan berbobot tinggi bagi wanita muda seusianya. Pantaslah kalau mahasiswa program studi pendidikan matematika ini selalu bersemangat ketika dihubungi tim pendamping untuk berproses bersama.

Senada dengan pernyataan Wahyu Sunarto dari Kelurahan Sidorejo Kabupaten Tuban. Menurut PK BKM Sejahtera ini, Dian santun, tipe pekerja dan tulisannya sangat rapi, "Kami sudah terlibat bersama dalam beberapa kegiatan di tingkat kelurahan, dan terbukti Dian cakap menjalankan tugas-tugasnya," ungkap Wahyu.

Fasilitator Ekonomi Tim 1 Tuban Moh. Effendi pun sepakat. "Dian menjadi motor penggerak buat pengurus KSM lain yang dalam proses penyusunan laporan keuangan. Memiliki ketelitian, cermat, dan rapi. "Memudahkan fasilitasi penyusunan laporan pertanggungjawaban administrasi dan keuangan KSM Sidomakmur," cetus Effendi.

Nyata sudah, anak muda memiliki kemampuan jika diberikan kepercayaan dan tanggung jawab penuh untuk menyelesaikan kerja-kerja besar. Dan yang lebih penting, perempuan juga mampu menjadi penggerak utama dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Dian masih sangat muda, usianya baru 22, kesempatan masih terbuka lebar untuk terus berkarya dan mengabdi kepada Ibu pertiwi. Dia berpotensi menjadi 'dian' bagi keremangan negeri ini. Semoga.[Jatim]

 

 

Penulis: Musrining, Faskel Tehnik Tim 1 Tuban
Program Kotaku Provinsi Jawa Timur

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.