Beranda Pengaduan Lesson Learned PIM Kasus 'Hilangnya' Kayu KSM BPM 2021 Tuntas

Kasus 'Hilangnya' Kayu KSM BPM 2021 Tuntas

Program Kotaku Kotaku Kalimantan Timur Kaltim Bontang PIM BPM BKM KSM Comments (0) View (326)

Kelurahan Berbas Pantai merupakan satu dari 15 kelurahan di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Kelurahan ini terakhir mendapatkan dana BPM pada 2017, dan tahun ini LKM Pantai Sejatera menerima dana stimulan dari Program Kotaku sebesar Rp 1 miliar dengan kegiatan pembuatan jalan kayu ulin, rabat beton, septick tank komunal, gerobak sampah yang dilaksanakan KSM Sinar Harapan.

Pada awal pelaksanaan kegiatan, KSM tidak terlalu mendapatkan kendala melihat keahlian dari pekerja yang notabene adalah masyarakat sekitar yang sudah berpengalaman dalam pembangunan sarana prasarana menggunakan material kayu ulin. Pada 1 September, kayu dikirim dari pemasok ke tempat penumpukan material yang disediakan KSM dengan jumlah 75 lembar kayu papan ulin. Pada 4 September, KSM mengecek barang yang dikirim, dan memperkirakan total kayu yang harus ada ditambah sisa papan yang belum terpasang sebanyak 121 lembar. Faktanya, kayu papan ulin hanya 31 lembar. Koordinasi Tim Faskel, Tim Korkot, OPD, dan pihak pemasok dilakukan.

Atas kejadian ini, pihak KSM langsung melapor ke polisi pada hari yang sama. Laporan tersebut direspons pihak kepolisian, yang mengeluarkan surat resmi laporan kehilangan tertanggal 7 September 2021. Persoalan ini pun terekam pada sistem Pengelolaan Informasi dan Masalah (PIM) Program Kotaku dengan nomor register 002064721121.

Dari hasil kordinasi dan survei ke beberapa pihak terkait, pihak pemasok akhirnya bersedia mengganti kayu yang hilang tersebut, dan akhirnya pihak KSM menarik laporan kehilangan di polisi.

Pada tahap pertama proses, pihak pemasok memenuhi kesanggupan menyediakan papan sebanyak 44 lembar. Selanjutnya, semua kekurangan jumlah kayu sudah diganti, dengan total 88 lembar kayu.[Kaltim]

 

 

Penulis: Benyamin Lepong, Faskel MK Kota Bontang
Program Kotaku Provinsi Kalimantan Timur

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait