Beranda Warta Cerita Air Lancar, Satu Problem Kumuh Pilangsari Tuntas

Air Lancar, Satu Problem Kumuh Pilangsari Tuntas

Program Kotaku Kotaku Jawa Tengah Jateng Kabupaten Sragen Sragen Pilangsari Kolaborasi Air Comments (0) View (259)

Pilangsari adalah salah satu desa di Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen yang berada tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan kabupaten Sragen. Meskipun tidak begitu jauh dari pusat kota kabupaten tetapi masyarakat Pilangsari khususnya RT06 masih memanfaatkan air sumur sebagai akses utama pemenuhan air minum yang nota bene adalah air permukaan yang sangat mungkin tercemar, belum terjangkau jaringan PAM. Air yang terkontaminasi bisa mengancam kesehatan seseorang, khususnya anak-anak. Banyak penduduk Indonesia memiliki sumber air dari sumur rumah. Namun, tidak semua masyarakat mempunyai pengetahuan untuk mengecek kualitasnya sebelum dikonsumsi.

Air sumur mungkin mengandung beberapa pengotor/kontaminan alami, meski tanpa adanya kegiatan manusia atau pencemaran. Kontaminan alami dapat berasal dari berbagai kondisi dalam akuifer atau dalam tanah. Selain itu air sumur juga sering tercemar oleh aktivitas manusia. Kontaminan yang secara alami terjadi bisa menimbulkan resiko kesehatan. Sumber lain yang potensial, berasal dari kegiatan manusia di masa lalu atau saat ini—sesuatu yang kita lakukan, kita buat, dan gunakan—seperti pertambangan, persawahan dan penggunaan bahan kimia. Beberapa aktivitas ini mungkin mengakibatkan pencemaran air yang kita minum. Oleh karena itu sebagaimana termasuk dalam aspek pengentasan kumuh salah satu indikatornya adalah “akses aman terhadap pemenuhan air minum masyarakat”.

Mengingat permasalhan seperti di atas pemerintah melalui program program air bersih konsen untuk penanganan masalah tersebut. Program “Kotaku salah satunya juga tidak ketinggalan ikut berperan aktif dalam menyadarkan masyarakat akan artinya pemanfaatan sumber air bersih dan kondisi pemenuhin kebutuhan air bersih ini menjadi salah satu indikator penuntasan kumuh. Tetapi karena begitu kompleknya persoalan kumuh keberhasilan penuntasan kumuh bukan hanya tanggung jawab satu instansi pemerintah atau tergantung pada satu program “Kotaku. Semua daya upaya dikerahkan pemerintah melalui berbagai stakeholder dan program untuk saling berkolaborasi guna penuntasan persoalan kumuh. Sebagaimana yang terjadi di Dusun Pampang Desa Pilangsari Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen pada tahun anggran 2021 ini untuk menangani persoalan akses aman air minum masyarakat mendapatkan bantuan dari DAK Air Minum dari Pusat.

Warga Pilangsari khususnya Dusun Pampang RT 05 dan RT 06 begitu antusias menyambut program bantuan ini. Hal ini diwujudkan dengan semangat swadaya untuk mensukseskan kegiatan. Swadaya berasal dari iuran warga maupun tenaga bergotong royong penyiapan lahan maupun galian distribusi, meskipun sebagian kegiatan juga dengan tenaga kerja profesional yang menerima upah.

Seperti gayung bersambut tidak mau kalah dengan semangat warganya Pemerintah Desa Pilangsari juga memberikan suport yang besar berupa dana pendamping/sharing maupun suport imateriil berupa dukungan perijinan dan hal lain yang mendorong terselesaikannya kegiatan bantuan DAK Air bersih tersebut dapat terselesaikan dengan baik secara fisik maupun selesai dengan baik secara pelaporan administrasinya. Inilah bentuk kolaborasi penyelesaian permasalahan yang mestinya secara aktif dikembangkan untuk penyelesaian persoalan kumuh yang memang permasalahannya begitu kompleks.

Saat tulisan ini diturunkan proses pembangunan belum selesai 100%. Semoga ini nantinya akan menjadikan warga Pilangsari khususnya Dusun Pampang dapat memperoleh akses sumber air yang lebih mudah dan lebih sehat, sehingga dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Satu persoalan kekumuhan di wilayah Desa Pilangsari terselesaikan.[Jateng]

 

 

Penulis: Semiyanto, Fasilitator Sosial Kabupaten Sragen
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.