Beranda Warta Cerita PKM CFW Kabupaten Sragen Diminati

PKM CFW Kabupaten Sragen Diminati

Program Kotaku Kotaku Jawa Tengah Jateng Kabujpaten Sragen Sragen CFW PKM SMK3 BKM KSM KPP Comments (0) View (330)

Pelaksanaan kegiatan Cash For Work (CFW) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Tahun 2021 di Kabupaten Sragen sudah dilakukan mulai bulan April 2021. Total kelurahan yang mendapatkan alokasi CFW Program Kotaku 2021 di Kabupaten Sragen sebanyak 8 kelurahan/Desa. Salah satu kegiatan yang ada di kegiatan CFW adalah adanya alokasi Kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM). Adapun besarnya dana pengelolaan dana Pelatihan Masyarakat yaitu sebesar 5 juta rupiah. Dan dalam pelaksanaan kegiatan PKM dibagi menjadi 7 Jenis Kegiatan Pelatihan yang pertama pengalokasian dana pelatihan untuk Sosialisasi Desa, dalam kegiatan ini menerangkan Tujuan Program Kotaku Dan Tujuan Kegiatan CFW serta latar belakang adanya program CFW tersebut.

Salah satu contoh kegiatan sosialisasi Desa yaitu pelaksanaan sosisalisasi Di desa Klandungan kecamatan Ngrampal yang diadakan di Balai Desa klandungan beberapa waktu lampau dan dihadiri oleh beberapa unsur masyarakat, Aparat Desa, BKM, KSM dan Tomas yang tujuannya mensosialisasikan adanya Kegiatan CFW di desa klandungan, Peserta sangat antusias dalam acara sosialisasi desa tersebut dan mereka menyambut dengan bangga dan semangat untuk mensukseskan kegiatan CFW di Desa Kalandungan.

Kemudian yang kedua yaitu Sosialisasi Masal , kegiatan ini hampir sama dengan kegiatan sosialisasi Desa tujuannya memberikan informasi mengenai tujuan kegiatan CFW kepada berbagai unsur masyarakat secara umum, hal ini diharapkan agar masyarakat luas mengerti mengenai kegiatan CFW.

Sedangkan untuk jenis pelatihan masyarakat yang ketiga adalah Pelatihan BKM Dan Aparat Desa/ Kelurahan  Di desa Klandungan pelaksanaan Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari sesuai dengan KAK PKM, tujuan dilaksanaakan pelatihan ini adalah Membangun kesepakatan untuk belajar Bersama dan Peserta memahami tugas, peran dan tanggungjawab BKM dan Aparat Kelurahan tentunya dalam mengawal kegiatan CFW Serta memahami tatacara pemanfaatan dana CFW dan persyaratan pencairan dana.

Untuk jenis pelatihan yang keempat adalah Pelatihan KSM didalam pelaksanaan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari dan Adapun tujuan diadakan pelatihan KSM ini adalah mengenai pentingnya Musyawarah Persiapan Pelaksanaan Konstruksi (MP2K) serta Teknis pemeliharaan kegiatan sarana dan prasarana dan adapun hari kedua materi pelatihan mengenai Teknis pemeliharaan kegiatan sarana dan prasarana serta Tata cara pengelolaan dan laporan keuangan Kegiatan CFW include dengan pengendaliannya. Dan untuk jenis pelatihan yang kelima yaitu Pelatihan Tukang dalam pelaksanannya kegiatan ini dilakukan satu hari , pelatihan ini bertujuan lebih kepemahaman mengenai pentingnya SMK3, keselamatan kerja pada pekerjaan, Pelindung Diri / APD,Penerapan Protokol Kesehatan Spesifikasi teknik pekerjaan dan pemeliharaan infrastruktur seperti jalan, saluran, Sanitasi, Air dengan adanya kegiatan ini diharapkan resiko kecelakaan kerja akan berkurang.

Jenis pelatihan yang keenam adalah Pelatihan KKP, pelaksanaan kegiatan ini dilakukan selama dua hari dan tujuan diadakan pelatihan ini adalah mengenal substansi dan pentingnya O & P, serta pengorganisasian O & P, serta rencana kerja KPP  dan juga Teknik operasional dan pemeliharaan, diharapkan dengan adanya KPP akan bisa berjalan secara berkesinambungan. Dan jenis dana pelatihan yang terakhir atau ke Tujuh adalah Media Sosialisasi dengan adanya dana media sosialisasi ini diharapkan akan mempermudah mensosialisasikan Program Kotaku Khususnya kegiatan CFW atau Kegiatan Padat Karya ini, dan juga salah satu penunjang media informasi kegiatan CFW berupa Spanduk dan X-banner. Yang bisa di pasang di tempat strategis sehingga masyarakat mudah untuk membaca atau memahami mengenai kegiatan Padat Karya ini.

Di dalam Pelaksanaan kegiatan PKM ini wajib mengutamakan Prokes, (jaga jarak, memakai masker, cuci tangan) dan ada beberapa jenis pelatihan yang di hari pertama dilakukan pre test untuk mengetahui seberapa besar peserta mengetahui dan mengerti materi yang akan di berikan dan di hari kedua diakhir kegiatan akan dilakukan Post Test untuk mengetahui apakah materi yang telah disampaikan sudah dipahami peserta pelatihan. Untuk Desa Klandungan Alhamdulillah dari awal pelatihan peserta mampu dan memahami materi pelatihan yang di berikan, dan juga peserta aktif tanya jawab dan berdiskusi mengenai materi yang disampaikan Dan peserta sangat antusias dan bersemangat untuk mensukseskan kegiatan CFW di desa Klandungan tersebut.[Jateng]

 



Penulis: Yanuar Rudi, Fasilitator MK Kabupaten Sragen
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

 

 

Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.