Beranda Warta Cerita BKM Sragen Tengah Berkolaborasi Atasi Anggaran Terbatas

BKM Sragen Tengah Berkolaborasi Atasi Anggaran Terbatas

Program Kotaku Kotaku Jawa Tengah Jateng Kabupaten Sragen Sragen BKM KSM Sosial Pandemi COVID-19 Comments (0) View (216)

Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Setia Kawan Kelurahan Sragen Tengah Kabupaten Sragen dibentuk pada 2005 saat program P2KP, seiring berjalanya waktu program di bawah kementerian PUPR ini berubah nama PNPM-P2KP, PNPM Perkotaan, P2KKP dan saat ini menjadi KOTAKU (Kota Tanpa KUMUH) mengikuti kebijakan dari pemerintah pusat. Sudah 16 tahun program dari kementrian PUPR ini membumi di hati para relawan yang ada di kelurahan sragen tengah yang tergabung dalam BKM menumbuh kembangkan nilai-nilai universal (keadilan, kejujuran, kepedulian).

Ditahun-tahun awal sampai 2014 program ini memberikan dana kepada BKM kisaran 300 juta/ tahun untuk kegiatan Tridaya (Lingkungan, Ekonomi dan Sosial), namun setelah itu BKM hanya menerima dana untuk penguatan kapasitas /pelatihan yg besarannya kisaran 5 juta. Di tahun 2019 -2021 BKM tidak menerima bantuan dana sama sekali dari pemerintah pusat, namun hal ini tidak menjadi patah semangat bagi BKM Setia Kawan untuk terus menumbuhkembangkan kepeduliannya kepada masyarakat MBR. Melalui daya ekonomi yang dikelola UPK dalam bentuk Pinjaman Bergulir memperoleh alokasi jasa yang dapat dipergunakan untuk operasional BKM dan kegiatan social pemberian sembako kepada MBR di tahun Pendemi covid19 ini.

Dengan semangat kepedulian yang sudah melekat di hati anggota BKM, di bawah bimbingan fasilitator kelurahan terus berkomitmen melalui rapat rutin BKM setiap bulannya untuk mewujudkan kepedulian melalui bakti sosial pemberian sembako. Dengan terbatasnya dana maka BKM sepakat berkolaborasi dengan para pihak yang peduli kepada MBR.

Berkolaborasi sebuah Solusi di tahun pendemi covid-19 itulah strategi yang dilakukan BKM Setia Kawan Sragen Tengah, dalam mensukseskan kegiatan social. BKM Setia Kawan membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) MARSUDI UTOMO sebagai pelaksana bakti social, setelah KSM terbentuk maka dengan bimbingan Faskel bersama BKM membuat proposal kegiatan untuk diajukan kepada para donator yang ada di wilayah kelurahan. Alhamdulillah dengan kegigihan para relawan yang tergabung dalam kelembagaan BKM dalam berkolaborasi mencari donatur membuahkan hasil yang menggembirakan.

Di tahun 2021 disaat masyarakat terkena dampak covid 19 BKM setia Kawan bisa menyalurkan bantuan sosial 100 paket sembako yang sumber dananya dari alokasi jasa UPK dan Donatur dari pihak peduli.

Antusiasme relawan BKM dalam kegiatan bakti social pemberian paket sembako kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang terkena dampak Covid 19 perlu diapresiasi dan di tumbuh kembangkan kepada BKM yang ada di kabupaten sragen, dengan kepeduliannya bisa menggugah kepada para donator untuk ikut peduli sesama di masa yang sulit ini. BKM tidak sebatas menggugah kepedulian saja, namun untuk menggerakkan perekonomian yang ada di kelurahan sragen tengah, KSM dalam pengadaan paket sembako menggandeng atau belanja di toko kelontong dan UMKM disekitarnya sehingga perputaran uang dan penerima manfaat sembako ada di kelurahan sragen tengah. Indahnya sebuah kebersamaan ketika para Relawan BKM, KSM, Kelurahan, Kaum Peduli selalu “Bersinergi Berkolaborasi Saling Peduli Menembus Batas untuk berbagi “. BKM Setia Kawan berharap bisa membumikan kepada masyarakat untuk saling berbagi lebih banyak lagi.

Ucapan terima kasih dari BKM Setia Kawan kepada para relawan, donatur dan pihak-pihak terkait yang telah memberi sumbangan dan support sehingga Kegiatan social pemberian paket sembako berjalan dengan lancar bermanfaat dan berkelanjutan.[Jateng]

 

 


Penulis: Lina Suryati, Fasilitator Sosial Kabupaten Sragen
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

 

 

Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.