Beranda Warta Cerita CFW Purwokerto Kidul Bangkitkan BKM dari 'Tidur'

CFW Purwokerto Kidul Bangkitkan BKM dari 'Tidur'

Program Kotaku Kotaku Jawa Tengah Jateng Kabupaten Banyumas Banyumas Purwokerto Kidul CFW PKT MBR Pandemi COVID-19 Comments (0) View (45)

Pandemi COVID-19 19 di Indonesia, yang di mulai di awal 2020, mempunyai dampak yang sangat besar di semua sektor kehidupan. Baik yang kaya maupun miskin semua terkena dampak pandemi yang berkaitan dengan berkurangnya penghasilan bahkan sampai dengan hilangnya sumber mata pencaharian yang dirasakan kurang lebih selama 2 tahun.

Hal ini menyebabkan tidak hanya permasalahan ekonomi tetapi pandemi ini juga berakibat pada dunia pendidikan. Untuk mengurangi berbagai dampak yang negative bagi warga masyarakat, pemerintah sudah berupaya keras untuk menanggulangi dampak dari pandemi ini. Berdasarkan kondisi tersebut, pemerintah melalui Kementrian PUPR, Dirjen Cipta Karya, di program Kotaku dengan skema kegiatan CFW (Cash For Work) atau padat karya tunai. Untuk kegiatan CFW tersebut, khususnya di Kabupaten Banyumas.

Untuk Kelurahan Purwokerto Kidul bantuan terakhir dari program Kotaku/PNPM Mandiri Perkotaan terakhir pada 2014. Sudah sekian lama BKM Kuncup Mekar tidak ada kegiatan. Kami sangat bersyukur kepada Pemerintah yang menghidupkan kembali BKM Kuncup Mekar Kelurahan Purwokerto Kidul dari tidur panjangnya. Kegiatan CFW 2021 sangat bermanfaat dan tepat sasaran bagi kami. Karena banyak warga Kelurahan Purwokerto Kidul yang terkena dampaknya, banyak yang jadi pengangguran, kata Eko Soemarno, Koordinator BKM Kuncup Mekar Kelurahan Purwokerto Kidul.

Kegiatan CFW di Kelurahan Purwokerto Kidul meliputi kegiatan infrastruktur berupa pemeliharaan atau perbaikan kegiatan fisik berupa perbaikan jalan lingkungan dan perbaikan drainase. Adapun alokasi dana yang di dapatkan oleh lokasi sasaran CFW adalah senilai Rp 300 juta, dengan rincian Rp 295 juta berupa kegiatan KSM, dan sisanya dialokasikan untuk BOP BKM. Kegiatan KSM berupa kegiatan pemeliharaan infrastruktur, peralatan penunjang kegiatan fisik, SMK3, administrasi KSM, serta Pengembangan Kapasitas Masyarakat.

Kegiatan CFW itu sendiri bersifat pemeliharaan, sehingga prasarana yang dikerjakan berupa pemeliharaan atau rehab yang bersifat rusak ringan dan sedang. Sasarannya mencakup semua wilayah, dan tujuannya agar penyerapan tenaga kerja dengan memaksimalkan penyerapan tenaga kerja lokal dan MBR. Untuk kegiatan fisik waktu yang ditentukanya itu 50 hari kerja dengan waktu kerja 7-8 jam per hari.

Untuk kelurahan Purwokerto Kidul itu sendiri, KSM Mekar Abadi sebagai KSM yang dibentuk oleh BKM Kuncup Mekar, dimana KSM tesebut sebagai panitia kegiatan CFW. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai pada pertengahan 2021.

Poin pembelajaran yang bisa diperoleh dari kegiatan ini adalah dengan kerjasama dan kepedulian kita bisa mengatasi permasalahan yang ada. Dengan adanya program CFW perekonomian masyarakat menjadi lebih baik dan lingkungan permukiman juga menjadi lebih bersih dan tertata.[Jateng]

 

 

Penulis: Widya Ratnasari, Tim 3302-02-K2 CFW Kabupaten Banyumas
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.