Beranda Warta Cerita Purwokerto Selatan: Infrastruktur Terawat, Ekonomi Terangkat

Purwokerto Selatan: Infrastruktur Terawat, Ekonomi Terangkat

Program Kotraku Kotaku Jawa Tengah Jateng Kabupaten Banyumas Banyumas Purwokerto Selatan CFW PKT Infrastruktur BKM KSM Comments (0) View (52)

Merebaknya kasus covid 19 di Indonesia, yang dimulai di awal 2020, dan masih muncul pada 2021. Hal tersebut memunculkan berbagai dampak yang negative bagi warga masyarakat. Dampak negative yang muncul meliputi beberapa aspek yang meliputi aspek baik aspek pendidikan,aspek perekonomian, aspek kesehatan, aspek social, aspek pariwisata,dll. Berdasarkan kondisi tersebut, pemerintah melaui kementrian PUPR, melakukan terobosan dengan memulai upaya mitigasi terhadap covid 19, dengan cara memberikan penghasilan tambahan kepada warga masyarakat berpenghasilan rendah atau yang terkena PHK akibat dari dampak covid 19 melalui skema CFW (Cash For Work) atau padat karya tunai. Untuk kegiatan CFW tersebut, khususnya di Kabupaten Banyumas di wilayah Kecamatan Purwokerto Selatan, dan 5 kelurahan, yaitu kelurahan Tanjung, Karangpucung, Teluk, Purwokerto Kulon dan Purwokerto Kidul.

Untuk kegiatan CFW tahun 2021 ini adalah meliputi kegiatan infrastruktur berupa pemeliharaan atau perbaikan kegiatan fisik berupa perbaikan jalan lingkungan, perbaikan drainase, pemeliharaan IPAL komunal, adapun alokasi dana yang di dapatkan oleh lokasi sasaran CFW kelurahan Tanjung adalah senilai Rp 300.000.000, dengan rincian Rp 295.000.000 berupa kegiatan KSM, dan Rp 5.000.000 berupa BOP BKM. Kegiatan KSM berupa kegiatan pemeliharaan infrastruktur, Peralatan penunjang kegiatan fisik, SMK3, Administrasi KSM, serta Pengembangan Kapasitas Masyarakat.

Karena untuk CFW itu sendiri sifatnya yang pemeliharaan, sehingga prasarana yang dikerjakan, sasarannya mencakup hampir di semua wilayah, tujuanya agar penyerapan tenaga kerja lebih optimal dan merata di seluruh sasaran lokasi penerima CFW.
Proses kegiatan CFW di KelurahanTanjung, dimana KSM sejahtera sebagai Panitia Pelaksanaan kegiatan CFW, dengan keterbatasan waktu, dituntut untuk bisa melaksanakan rangkaian kegiatan secara paralel dengan kurun waktu kurang lebih tiga bulan.

Kegiatan CFW ini meiputi proses sosialisasi awal, pembentukan KSM, penyusunan proposal, pelaksanaan kegiatan, sampai pelaporan LPJ. Sebelum dilaksanakan kegiatan fisik, diadakan pembekalan terlebih dahulu, untuk para pekerja, dengan harapan, agar mutu serta kualitas yang akan dikerjakan tetap terjaga sesuai dengan perencanaan, yang dikemas dalam kegiatan PKM (Pengembangan Kapasitas Masyarakat).

Untuk kegiatan PKM itu sendiri meliputi kegiatan sosialisasi tentang program KOTAKU, khususnya CFW, Pelatihan KSM, Pelatihan Tukang, Pelatihan KPP, Pelatihan BKM dan Lurah. Untuk kegiatan fisik CFW waktu yang ditentukan yaitu 50 hari kerja, yang dimulai pada 27 April 2021 dan berakhir pada 19 Juni 2021.

Dengan jumlah kegiatan yang mencapai 40 titik lokasi, yang tersebar di seluruh wilayah Kelurahan Tanjung, KSM sebagai penanggung jawab kegiatan, mengoptimalkan jumlah tenaga kerja yang mendaftar dan sanggup melaksanakan kegiatan CFW ini sampai selesai. Karena animo dan antusias warga sangat besar, alhasil untuk pencapaian jumlah tenaga kerja melebihi dari target yang direncanakan. Untuk jumlah tenaga kerja yang terdaftar di proposal sejumlah 112 orang, realisasi jumlah tenaga kerja di lapangan sampai selesai kegiatan mencapai 120 orang. Sehingga dengan penyerapan tenaga kerja yang melebihi target, kegiatan CFW ini selesai sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan tanpa mengurangi kualitas yang direncanakan, tentunya dengan dibantu swadaya masyarakat.

Hasil adanya program CFW KOTAKU Tahun 2021 KSM Sejahtera BKM Guyub Rukun Kelurahan Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas ini mencatat sejumlah nilai positif. Di samping infrastuktur terawat, ada tambahan nilai ekonomis bagi warga masyarakat, prasarana yang diperbaiki juga menjadi lebih baik. Perencanaan dan persiapan yang matang, serta melibatkan warga masyarakat dalam pelaksanakan suatu program terbukti menghasilkan kegiatan yang lebih optimal. Kerja sama yang baik dari seluruh elemen masyarakat pun meringankan beban bagi pelaku atau pun panitia pelaksanaan.[Jateng]

 

 

Penulis: Sriyani Nurhasanah, Tim 3302-02-K2 CFW Kabupaten Banyumas
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.