Beranda Warta Cerita PKM Bandung Sragen, Supaya CFW Tepat Sasaran

PKM Bandung Sragen, Supaya CFW Tepat Sasaran

Program Kotaku Kotaku Jawa Tengah Jateng Kabupaten Sragen Sragen PKM IBM BKM KSM CFW PKT Comments (0) View (193)

Kegiatan Pengembangan kapasitas masyarakat (PKM) merupakan salah satu syarat yang harus dilakukan oleh BKM melalui panitia KSM yang sudah dibentuk oleh BKM sebelum melaksanakan kegiatan infrastruktur CFW 2021, untuk melaksanakan serangkaian kegiatan Pelatihan Masyarakat yang jenis kegiatannya sudah ditentukan sesuai Petunjuk Operasional Standart (POS) Kotaku. Sesuai dengan KAK kegiatan Pengembangan kapasitas masyarakat (PKM) 2021, ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan di Desa Bandung, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen.

Setiap kegiatan mempunyai tujuan dan output yang berbeda sesuai dengan sasaran peserta pelatihan. Akan tetapi pada intinya mempunyai muara tujuan yang sama, yaitu agar kegiatan CFW yang berjalan di masyarakat bisa berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

Misalnya, dalam pelatihan BKM dan aparat kelurahan/desa bertujuan meningkatkan pemahaman terhadap maksud, tujuan dan mekanisme pelaksanaan CFW. Termasuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam mengendalikan kegiatan CFW. Untuk pelatihan KSM, bertujuan selain CFW, juga meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta memfasilitasi kegiatan MP2K. Pelatihan KPP diselenggarakan buat meningkatkan pemahaman mengenai substansi dan pentingnya operasional dan pemeliharaan, secara teknik sesuai ragam kegiatan yang dilaksanakan. Pelatihan tukang dimaksudkan agar para peserta memiliki pemahaman dan keterampilan tatacara memelihara dan perbaikan jalan, drainase, air minum, dan sanitasi sesuai kebutuhan, dengan kualitas baik.

Satu kegiatan PKM 2021 Lokasi CFW di tim dampingan 3314-01-K2 di Desa Bandung diinisiasi KSM Guyup Rukun yang diketuai Daryanto. Pelatihan BKM dan Aparat Desa Bandung dibuka langsung Kepala Desa Bandung Supardi yang akrab dipanggil dengan sebutan Mbah Lurah Bandung. Dalam kesempatan tersebut, Mbah Lurah Bandung menegaskan kepada para peserta pelatihan agar mendengarkan dengan seksama atas beberapa materi yang disampaikan oleh tim fasilitator Kotaku dan mengikuti pelatihan dengan baik sampai selesai. Mbah Lurah juga berpesan kepada semua peserta dan panitia yang terlibat agar tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat, agar jangan sampai dengan adanya kegiatan ini justru menimbulkan cluster baru penyebaran COVID-19.

Di akhir acara, Kepala Desa Bandung berharap dari kegiatan CFW ini dapat berjalan sesuai tujuannya, yakni meningkatan ekonomi warga melalui upah yang diterima tenaga kerja. Serta tentu saja, terpeliharanya infrastruktur yang telah dibangun melalui kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat tersebut.[Jateng]

 


Penulis: Joni Baskoro, Fasilitator Sosial Kabupaten Sragen
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

 

 

Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.