Beranda Warta Cerita RWT 2021 Cibadak, Penutup Kinerja Penuh Amanah

RWT 2021 Cibadak, Penutup Kinerja Penuh Amanah

Program Kotaku Kotaku Jawa Barat Jabar Kabupaten Sukabumi Sukabumi Cibadak BKM Skala Kawasan RWT RPLP Comments (0) View (306)

RWT??? Siapa takut!!! Memang tidak ada yang perlu ditakutkan dari kegiatan yang bernama RWT karena RWT ini merupakan siklus tahunan yang harus diselenggarakan setiap bulan desember setiap tahunnya. RWT atau Rembug Warga Tahunan merupakan wujud dari kedaulatan warga untuk melakukan kontrol terhadap lembaga-organisasi yang telah diberikan amanah oleh warga untuk mengelola kegiatan pembangunan khususnya upaya untuk penanganan kumuh di kelurahan/desa.

Pelaksanaan RWT tahun 2021 ini berasa menjadi “sesuatu” banget, setidaknya hal tersebut dirasakan oleh BKM Peduli Kelurahan Cibadak Kec. Cibadak Kab Sukabumi, yang melaksanakan RWT pada 14 Desember 2021 dengan tempat pelaksanaan di Aula Kelurahan Cibadak yang dihadiri oleh Lurah Cibadak, Lembaga Kelurahan, perwakilan RT/RW serta tokoh masyarakat. Selain karena masih suasana pandemi, juga karena Kel. Cibadak merupakan lokasi SK Non-BPM dengan tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Tetapi hal tersebut tidak mengurangi semangat dan antusiasme BKM Peduli untuk tetap melaksanakan RWT, Adapun agenda RWT adalah: Laporan pertanggungjawaban BKM, Penyampaian Hasil Review RPLP, Hasil Tinjauan Partisipatif, Pemaparan Rencana Kerja BKM tahun 2022, dan Penyampaian Daftar Rencana Prioritas Penanganan Kumuh 2022.

Adalah Yadi Karwita, Koordinator BKM Peduli yang dalam pidato laporan pertanggungjawaban BKM mengatakan; “ BKM Peduli siap berkolaborasi dan berperan aktif dalam program percepatan penanganan kumuh di Kelurahan Cibadak. RWT tahun ini merupakan RWT terakhir  di masa bakti kami yang akan berakhir di Tahun 2022, Semoga nanti kami mampu mengakhiri amanah ini dengan baik dan menjadikan Kelurahan Cibadak zero kawasan kumuh”.

Dalam kesempatan tersebut Koordinator BKM Peduli menjelaskan bahwa inti permasalahan kumuh di Kelurahan Cibadak tidak terlepas seputar masalah Watsan, dan saat ini luasan kumuh Kelurahan Cibadak berdasarkan SK Bupati No 640/Kep.492-DPKP/2020 seluas 1,5 ha, sehingga BKM bertekad dengan berkolaboras bisa mengatasi permasalahan ini dan optimis menurunkan angka luasan kumuh Kelurahan Cibadak menjadi 0 ha pada 2022. Adapun program kerja dan rencana kolaborasi yang sudah direncanakan selain dengan pihak kelurahan juga dengan pihak peduli di Kelurahan Cibadak.

Penanganan permukiman kumuh menjadi tantangan yang rumit bagi pemerintah. Perlu adanya semangat dan komitmen yang sama dalam mengatasinya. Optimisme dan semangat BKM Peduli untuk menuntaskan permasalahan permukiman kumuh ini perlu diapresiasi semua pihak, dan semoga harapan BKM Peduli menjadikan Kelurahan Cibadak menjadi Zero Kawasan Kumuh 2022 tercapai. Sekarang sudah bukan jamannya lagi merubah dunia sendirian, ayo berkolaborasi...[Jabar]

 

 


Penulis: Dudu Abdul Barkah, Kabupaten Sukabumi
Program Kotaku Provinsi Jawa Barat

 

 

Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.