Beranda Warta Cerita KPP Pasir Kidul Hadir demi Keberlanjutan Nyata

KPP Pasir Kidul Hadir demi Keberlanjutan Nyata

Program Kotaku Kotaku Jawa Tengah Jateng Kabupaten Banyumas Banyumas KPP CFW Comments (0) View (234)

Kelurahan Pasir Kidul, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas merupakan kelurahan dampingan paling barat untuk Tim CFW. Lokasi kelurahan sangat strategis, dilewati jalur dari Kota Purwokerto maupun dari Purbalingga, menuju Kota Tegal. Hal ini menjadi potensi strategis untuk mengiklankan diri terkait hal positip yang perlu diangkat, baik melalui pertemuan langsung maupun melalui medsos. Sehingga promosi keluar kabupaten sangatlah memungkinkan untuk dilakukan.

Banyaknya kegiatan fisik dari berbagai program membuat masyarakat merasa perlu untuk membuat wadah yang mengelola kegiatan fisik dalam rangka menuju prinsip keberlanjutan. Kerelaan dan kepedulian warga tersebut tergabung dalam wadah kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP) Krida Luhur, yang dibentuk pada 4 November 2020. KPP ini diketuai Fuad Mustafikhudin, sekretaris Triswati, dan bendahara Salman, serta seksi operasi A. Baghir dan M. Suwardi.

KPP Krida Luhur rutin melakukan kegiatan pembersihan saluran IPAL dalam waktu dua bulan sekali, dengan memanfaatkan sumber air sumur milik masyarakat sekitar. Pembersihan ini dilakukan selalu melibatkan masyarakat melalui musyawarah mufakat, sehingga dapat mencegah timbulnya permasalahan yang ada.

Pertemuan rutin di tingkat KPP selalu dilakukan untuk mengatasi permasalahan permasalahn yang ada, khususnya dalam rangka menentukan strategi ke depan. Program kerja KPP, secara implisit sudah tersirat di setiap pertemuan. Iuran keanggotaan masyarakat sangat menunjang keberlangsungan dan kesuksesan kegiatan KPP. Dana yang diperoleh dapat dipergunakan untuk biaya tenaga kerja pembersihan, pembelian alat pendukung maupun yang lainnya, dengan dasar dengan musyawarah bersama masyarakat setempat.

Pengurus KPP Krida Luhur berharap yang sudah dilakukan oleh kelompoknya bisa ditiru untuk keberlangsungan kegiatan fisik yang sudah selesai, melalui berbagai macam program dari pemerintah pada khususnya.

Semangat masyarakat melalui wadah KPP memang perlu didukung dalam rangka berpegang pada prinsip keberlanjutan. Kehadiran iuran warga untuk menunjang keberlangsungan KPP menjadi nilai lebih bagi program-program, terutama infrastruktur yang ada di Kelurahan Pasir Kidul.[Jateng]

 

 

Penulis: Edi Purnama, Faskel Sosial Kabupaten Banyumas
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.