Beranda Warta Cerita CFW Boyolali Bermanfaat, Pelatihan Penuh Semangat!

CFW Boyolali Bermanfaat, Pelatihan Penuh Semangat!

Program Kotaku Kotaku Jawa Tengah Jateng Kabupaten Boyolali CFW PKT BKM KSM Comments (0) View (192)

Indonesia masih mengalami penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dengan jumlah kasus yang terus meningkat, dan berdampak pada berbagai aspek seperti ekonomi, sosial budaya, serta kesejahteraan masyarakat. Telah diambil langkah berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk mengurangi penyebaran Covid-19, dan hal tersebut mempengaruhi jadwal dan implementasi dari kegiatan NSUP, serta berdampak pada penghidupan rumah tangga terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Sehubungan dengan kondisi tersebut, Kementerian PUPR dengan mempertimbangkan dampak pandemi yang lebih luas lagi terhadap Covid-19, akan memulai upaya mitigasi terhadap COVID-19 dengan memberikan penghasilan tambahan untuk kelompok berpenghasilan rendah melalui skema Padat Karya Tunai (PKT) atau Cash for Work (CFW).

Dalam kegiatan CFW untuk PKM, ada berbagai jenis pelatihan. Misalnya pelatihan BKM dan lurah, yang dilakukan selama dua hari dengan jumlah peserta 10 orang yang terdiri dari sembilan anggota BKM dan seorang lurah atau yang mewakili. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini terkait dengan mekanisme CFW, serta dukungan dari pemdes untuk kegiatan CFW.

Pelatihan KSM dilakukan selama dua hari dengan jumlah peserta 10 orang, yang terdiri dari anggota KSM. Materi yang diberikan terkait dengan pembukuan keuangan KSM dalam mekanisme pelaksanaan CFW. Kemudian pelatihan tukang, bagi 15 orang peserta yang terdiri dari tukang atau pekerja di kegiatan CFW. Materi yang disampaikan berupa tata cara pelaksanaan fisik. Dan yang terakhir adalah pelatihan KPP, selama dua hari dengan materi pemeliharaan dan pemanfaatan kegiatan infrastruktur.

Selama pelaksanaan pelatihan, antusias dari peserta pelatihan sangatlah tinggi karena kegiatan CFW sendiri benar-benar membantu masyarakat yang terdampak dari covid-19 dan harapannya dapat mengembalikan perekonomian masyarakat setempat. Selain itu setelah dilakukan pelatihan ini, masyarakat setempat dapat membentuk KPP yang nantinya akan bertugas untuk pemeliharaan dan pemanfaatan infrastruktur di desanya masing-masing sehingga setelah dilakukan pemeliharaan dan perbaikan dengan kegiatan CFW, infrastruktur di desa tersebut masih tetap terawat dengan adanya kerjasama antara KPP, pemdes dan juga tokoh masyarakat desa setempat.[Jateng]

 

 


Penulis: Esti Pamungkas, Fasilitator Sosial Kabupaten Boyolali
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.