Beranda Warta Berita Lokalatih Alih Kelola P2KP Kabupaten Tangerang

Lokalatih Alih Kelola P2KP Kabupaten Tangerang

Comments (0) View (1896)

DUA puluh delapan Oktober 2004, bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, berlangsung acara Lokakarya dan Pelatihan (Lokalatih) Alih Kelola P2KP Kabupaten Tangerang bertempat di ruang pertemuan Bappeda Kabupaten Tangerang, Tiga Raksa. Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta terdiri dari 1 orang dari DPRD Kabupaten Tangerang, 2 orang TKPP, 6 orang dari KPKD, 3 orang LSM, 9 orang dari Forum BKM serta dari Tim KMW 11 sejumlah 5 orang.

Pelatihan ini merupakan rangkaian penyiapan keberlanjutan P2KP di wilayah Kabupaten Tangerang yang sebelumnya telah diawali di Kabupaten Pandeglang dan akan dilanjutkan setelah Ramadhan 2004 di Kabupaten Serang serta Kota Tangerang. Acara pembukaannya sendiri diawali dengan laporan penyelenggaran oleh Wakil Ketua Bappeda Kabupaten Tangerang yang pada dasarnya mengemukakan tentang tujuan, materi, peserta dan penyelenggaraan pelatihan ini. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari dengan 2 hari pertama adalah pelatihan sedangkan hari ketiga akan diselenggarakan lokakarya yakni pada 1 November 2004.

Dalam pengantarnya, Bupati Tangerang menyambut baik pelatihan ini dan berharap agar peserta disiplin mengikuti pelatihan yang disampaikan oleh Kepala Tata Usaha Bappeda Kabupaten Tangerang dalam acara pembukaan. Diharapkan pelatihan ini juga menghasilkan output tentang pemahaman pada P2KP secara umum, paparan dan pemahaman tentang tugas dan tanggungjawab di P2KP secara jelas, mendorong kemitraan dengan pijakan pemahaman antar program, dapatnya dirumuskan program bersama yang terkoordinir serta disepakatinya sistem informasi dan koordinasi pengentasan kemiskinan selanjutnya. Bupati juga mengharapkan bahwa Program Penanggulangan kemiskinan di wilayah Kabupaten Tangerang harus tetap berlanjut sehingga dipandang bahwa kegiatan pasca pelatihan ini semakin penting.

Jangkauan P2KP di wilayah Kabupaten Tangerang sendiri mencakup 32 Kelurahan/Desa dari 84 Kelurahan/Desa yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang dengan pembagian 12 Kelurahan/Desa merupakan lokasi sasaran P2KP 1 tahap 1 dan 20 Kelurahan/Desa merupakan lokasi sarasan P2KP 1 tahap 2.

Kabupaten Tangerang selama ini cukup respon terhadap P2KP. Hal ini terbukti dengan telah dialokasikan BOP untuk tahun 2004 dan juga tahun 2005. Kabupaten Tangerang juga telah membentuk Tim Monitoring P2KP meski ada hal yang kurang menggembirakan yakni belum ditandatanganinya MOU antara Dirjen Permukiman dan Perumahan dengan pihak Bupati sebagai pijakan untuk kegiatan lanjutan.

Untuk Pemda di luar Kabupaten Tangerang seperti Kabupaten Serang juga menunjukkan respon yang cukup menarik. Sebagai contoh, sebuah BPRS di Serang telah merintis kerjasama dengan BKM Cikande. Peran dari BKM sendiri adalah fasilitasi dari warga/KSM dan individu yang berminat untuk memanfaatkan layanan pendanaan dari BPRS Serang. Nilai layanan pun telah diberikan kepada 2 KSM dengan nilai Rp. 20.000.000,-. Dalam hal ini, BKM juga akan berperan dalam hal pemantauan dan pengembalian pinjaman KSM.

Sedangkan untuk respons dari Pemda Kota Cilegon bahkan telah menunjukan prospek yang lebih baik bagi kelanjutan pendampingan terhadap BKM. Dalam hal ini Pemda Kota Cilegon telah memberikan dukungan BOP kepada 20 BKM dengan nilai Rp 1.250.000,- untuk masing-masing BKM. Selain itu, Pemda Kota Cilegon juga telah memberikan pelatihan kepada 20 BKM dan UPK melalui jaringan LINBUK. Senada dengan yang terjadi di Kabupaten Tangerang, 20 BKM di wilayah Kota Cilegon juga telah membentuk Forum BKM yang merupakan bagian dari Jaringan Asmara/Aspirasi Masyarakat. (Muchtar Bahar; Yanti)


 

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.