Beranda Warta Cerita Bank Samiun, Bukti Kolaborasi Versi Kebumen

Bank Samiun, Bukti Kolaborasi Versi Kebumen

Program Kotaku Kotaku Jawa Tengah Jateng Kabupaten Kebumen Kebumen KSM Bank Sampah Sampah MBR Comments (0) View (114)

Penanganan permasalahan kumuh yang ada di suatu wilayah tentu tidak bisa dipisahkan dari kondisi lingkungan sekitar dan adanya kepedulian dari berbagai pihak terutama masyarakat setempat. Kondisi lingkungan yang bersih dan sehat tidak terlepas dari persoalan sampah yang ada yaitu meliputi sumber sampah, jenis sampah, volume sampah dan dampak yang ditimbulkan bila tidak ditangani dengan benar. Persoalan sampah ini juga menjadi salah satu indikator dari tingkat kekumuhan sehingga harus diperhatikan dengan serius dan dikelola dengan baik sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Bank Samiun adalah Bank sampah yang berlokasi di Jalan Pemuda No. 31 RT 06 RW 01 Kelurahan Kebumen ini awal mula berdiri dari kegelisahan Pemerintah Kelurahan terkait rendahnya keaktifan masyarakat terutama Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam membayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan juga melihat kondisi lingkungan di wilayah Kelurahan Kebumen terkait persoalan sampah yang menimbulkan kekumuhan baik sampah rumah tangga maupun sampah publik. Untuk itulah berdasarkan musyawarah Tokoh masyarakat dan Pemerintah Kelurahan pada tahun 2016 dibentuklah Bank Sampah bernama Bank Samiun (Bank Sampah untuk Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan). Hadirnya Bank Sampah ini diharapkan masalah pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan di Kelurahan Kebumen bisa teratasi dengan baik, lancar dan tepat waktu, sekaligus mendukung Program Pemerintah yaitu “Gerakan Peduli Sampah”.

Kepengurusan “Bank Samiun” dikelola oleh perwakilan warga dari masing-masing RW, TP PKK dan Karang Taruna “Yoda Taruna” serta dibantu oleh Kepala Lingkungan masing-masing RW se-kelurahan Kebumen dimana saat ini yang menjabat sebagai Ketua Pengurus yaitu Pitra. Armada angkutan yang dimiliki “Bank Samiun” yaitu 1 (satu) buah kendaraan roda tiga bantuan dari Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen.

Mekanisme kegiatan yang dilakukan Bank Samiun adalah nasabah mendaftar ke Pengurus Bank Samiun, mengumpulkan dan memilah sampah dimulai dari rumah, sampah diantar langsung ke Pos masing-masing wilyah RW atau ke Kantor Kelurahan saat jadwal penimbangan atau bisa juga menelpon Pengurus untuk diambil. Dilakukan penimbangan sampah, uang hasil timbangan dimasukkan Buku Tabungan Nasabah. Tabungan bisa diambil 1 (satu) tahun sekali setelah pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan tahun berjalan atau masih disimpan untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan untuk tahun berikiutnya.

Jadwal pelayanan Nasabah Bank Samiun di Kantor Kelurahan dilaksanakan setiap hari Sabtu minggu ke-2 dan minggu ke-4. Sedangkan pelayanan Nasabah di masing-masing Pos RW dilakukan sesuai kesepakatan dan kebutuhan Nasabah dengan konfirmasi terlebih dahulu pada Pengurus “Bank Samiun”.

Meskipun secara garis besar kegiatan yang dilakukan oleh “Bank Samiun” adalah jual beli sampah non organik seperti sampah kertas, kardus, botol plastik dan lain sebagainya. Namun sebagai TPS3R “Bank Samiun” juga melakukan kegiatan pengolahan sampah jenis organik yaitu pembuatan pupuk kompos untuk dijual kepada warga yang membutuhkan dengan harga Rp 10 ribu per karung kecil.

Adanya kelembagaan BKM Peduli di Kelurahan Kebumen diharapkan dapat terjalin kerjasama yang harmonis, sinergis dan saling dukung guna keberhasilan penanganan permasalahan kumuh terutama di bidang persampahan sehingga pengelolaan sampah ke depan bisa menjangkau lebih banyak warga masyarakat Kelurahan Kebumen dan kondisi lingkungan yang bersih dan sehat bisa terjaga. Harapan yang lain yaitu melalui kolaborasi ini mampu meningkatkan kesejahteraan Nasabah yang pada ujungnya akan menambah kesejahteraan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sehingga bagi Nasabah yang juga menjadi anggota KSM Pinjaman Bergulir bisa memiliki kemampuan untuk membayar pinjaman yang tertunggak.[Jateng]

 

 

 

Penulis: Tocheron Abidin Rahardjo, Kotaku Kabupaten Kebumen
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

 


Editor: EPN

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Warta

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.