Beranda Warta Berita Rencana Studi Banding Bappeda Kota Palu

Rencana Studi Banding Bappeda Kota Palu

Comments (0) View (1905)

SEBAGAI bentuk perwujudan komitmen terhadap pelaksanaan P2KP, Bappeda Kota Palu akan melaksanakan kegiatan studi banding pelaksanaan P2KP di Kabupaten Bogor pada 6 hingga 10 Desember 2004 (4-5 hari dengan 2 hari waktu efektif). Kegiatan studi banding ini adalah yang kedua kali setelah sebelumnya Walikota Palu melakukan kunjungan yang sama di Bogor pada 14 Juli 2004 lalu.

Studi banding ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan penguasaan teknis para pelaku di tingkat Kota Palu terutama tentang P2KP. Sebanyak 10 orang tim kunjungan yang terdiri Ketua Bappeda Kota Palu, 4 orang TKPP, 2 orang Camat, PJOK Kota Palu, 2 orang Tim Sekretariat serta 1 orang pemandu dari KMW 6 Sulawesi Tengah, diagendakan akan melakukan sharing dengan Bappeda Kabupaten Bogor serta berkunjung ke 3 lokasi BKM/Kelurahan sasaran P2KP.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam perencanaan program penanggulangan kemiskinan, meningkatkan wawasan mengenai wujud nyata dari pelaksanaan P2KP di lapangan sekaligus mempelajari strategi operasional pelaksanaan P2KP di daerah yang dinilai berhasil menyelenggarakan P2KP, berbagi pengalaman dalam hal membangun sinergi antar para pihak dalam merencanakan dan melaksanakan program penanggulangan kemiskinan serta meningkatkan semangat dan keyakinan

Berkenaan dengan pokok bahasan, ada 4 materi pokok studi banding yang akan difokuskan pada aspek orientasi, aspek teknis serta aspek investigasi. Keempat materi tersebut meliputi sharing pengalaman, kegiatan orientasi penyelenggaraan P2KP, studi teknis tentang P2KP serta kunjungan ke lokasi sasaran P2KP.

Beberapa tema krusial yang menjadi fokus diskusi dalam studi banding ini meliputi: kebijakan dan program Pemda dalam penanggulangan kemiskinan; penyiapan masyarakat dan penyiapan aparat, pengembangan kelembagaan BKM; pengembangan budaya kemitraan dan kerjasama sinergis antara masyarakat miskin; Pemerintah Daerah dan kelompok peduli serta sistem kerja Komite Penanggulangan Kemiskinan Daerah (KPKD) dan Tim Koordinasi Pengelolaan Proyek (TKPP) P2KP.

Untuk pemilihan lokasi di Kabupaten Bogor, dilakukan atas dasar informasi dari KMW 6 P2KP 2/1 Sulawesi Tengah maupun penyelenggara proyek di tingkat pusat bahwa pelaksanaan P2KP di Kabupaten Bogor, Jawa Barat telah berjalan dengan baik dan menunjukkan keberhasilan.

Hasil dari kegiatan ini diupayakan menjadi refleksi pengalaman terhadap keberhasilan P2KP di Kabupaten Bogor terutama dalam kaitannya dengan pengkayaan wacana dalam diskusi forum KBP (Komunitas Belajar Perkotaan). Selain itu, mengingat salah satu pesertanya adalah KPKD Kota Palu, maka diharapkan hasil studi banding ini dapat pula menjadi pijakan dalam penyusunan SPKD Kota Palu.

Untuk itu, komitmen Pemda Palu yang tinggi dalam mendukung pelaksanaan P2KP ini sepertinya layak menjadi ‘lesson learned’ bagi Pemda/Pemkab lainnya, mengingat peran dan fungsi Pemda yang sangat krusial dalam menyukseskan kegiatan P2KP di masyarakat. (Yanti)

 

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.