Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Warta
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomeWartaBeritaGandeng Holcim Dalam Pelatihan LKM dan KSM
Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web KOTAKU. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web KOTAKU.
Nganjuk, 11 Agustus 2017
Gandeng Holcim Dalam Pelatihan LKM dan KSM


Oleh:
Merry Christina
Fasilitator Sosial
Tim 1-12 Kabupaten Nganjuk
OSP KMW 6 Provinsi Jawa Timur
Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)

Banaran adalah satu-satunya kelurahan di Kabupaten Nganjuk yang sudah mendapatkan dana Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) sebesar Rp500 juta. Sebelum pemanfaatan, sejumlah RT, RW dan Tokoh Masyarakat, Kelurahan Banaran, Kecamatan Kertosono menggelar pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Balai RW 2, pada 28-29 Juli 2017.

Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang, terdiri atas 20 orang dari KSM dan LKM, serta 20 orang dari unsur relawan dan lurah. Pelatihan LKM dan KSM ini, sebagai bagian dari syarat pencairan Bantuan Dana Investasi (BDI), terlaksana dengan menggandeng PT Holcim. Pada kesempatan itu hadir Technical Suppot Coordinator dari Holcim Cepi Komara, memberikan materi tentang pengamanan safety saat di lapangan.

Dijelaskan mengenai pengontrolan produksi semen, serta apa saja keuntungan menggunakan produk Holcim. Antara lain, produk sudah menggunakan PCC karena semennya yang halus, melayani pengecekan bahan adukan secara gratis dan mendapatkan sertifikan pengecekan. Dipraktikkan pula cara mengecek campuran semen yang benar agar nantinya KSM dapat mengerjakan kegiatan di lapangan sesuai standar yang berlaku.

Masyarakat yang mengikuti pelatihan mengaku sangat senang karena pelatihan yang mereka ikuti tidak membosankan. “Saya senang karena bisa melihat langsung bagaimana caranya membuat campuran semen yang benar,” kata Agus, salah satu anggota KSM. LKM pun juga berharap agar nantinya pelatihan seperti ini bisa diadakan lagi dari pemanfaatan dana KOTAKU selanjutnya. [Jatim]

Dokumentasi lainnya:

Editor: Nina Razad

(dibaca 383)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Berita | Arsip Berita | Print
Jl. Penjernihan I No 19 F1,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 1803, akses halaman: 2340,
pengunjung online: 183, waktu akses: 0,016 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank