Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Warta
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomeWartaBeritaOJT Ujong Blang Upaya Masyarakat Pahami Infrastruktur Standar Teknis PU
Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web KOTAKU. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web KOTAKU.
Lhokseumawe, 5 Oktober 2017
OJT Ujong Blang Upaya Masyarakat Pahami Infrastruktur Standar Teknis PU

Diinformasikan oleh:
Siti Khadizah, ST
Korkot Lhokseumawe
OSP 10 Provinsi Aceh
Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)

Sebagai upaya meningkatkan pemahaman kelompok pelaksana kegiatan infrastruktur dalam manajemen konstruksi, serta meningkatkan fungsi dan kualitas infrastruktur sesuai dengan standar teknis PU maka dilaksanakan Pelatihan On the Job Training (OJT) Pengembangan Kapasitas Masyarakat (PKM) dampingan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Hal ini diungkapkan Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya saat membuka kegiatan pelatihan, sekaligus meletakkan batu pertama kegiatan infrastruktur Bantuan Dana Investasi (BDI) di Gampong Ujong Blang, pada Selasa, 12 September 2017.

Suaidi Yahya juga mengatakan, OJT penting dilakukan agar meningkatkan pemahaman pelaksana kegiatan, sehingga dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya pemeliharaan dan pemanfaatan dalam membangun kelembagaan kelompok kerja. Pelatihan OJT PKM merupakan tahapan awal penguatan kapasitas Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Jeumpa sebelum melaksanakan kegiatan infrastruktur BDI berlangsung.

Dengan peletakan batu pertama secara simbolis ini menjadi tanda bahwa Pemda, sebagai nakhoda dalam keberlanjutan Program KOTAKU, memotivasi dan mendukung penuh kegiatan masyarakat Ujong Blang. Begitu juga pelaksanaan infrastruktur yang sudah berjalan sebelumnya, menjadi inspirasi bagi KSM-KSM yang mengedepankan infrastruktur berkualitas baik bagi masyarakat gampong.

Diketahui bahwa Gampong Ujong Blang merupakan salah satu lokasi yang masuk dalam SK kumuh wali kota. Gampong ini seakan mewakili 9 gampong yang mendapatkan alokasi BDI KOTAKU di Kota Lhokseumawe tahun 2017. Sebelumnya dukungan Pokja PKP dan beberapa stakeholder lainnya juga berkontribusi dalam memberikan arahan dan fasilitasi pelatihan pelaksanaan kontruksi infrastruktur sesuai teknis bangunan.

Kebutuhan kegiatan rabat beton yang dilaksanakan melalui BDI juga merupakan prioritas hasil kesepakatan masyarakat Ujong Blang yang masuk dalam delineasi kumuh dan perencanaan RPLP di tingkat gampong. “Sehingga, koneksitas perencanaan yang komprehensif dalam keberlanjutan program maupun penanganannya segera tertuntaskan,” ujar Kepala Desa Ujong Blang. [Aceh]

Dokumentasi lainnya:

Editor: Nina Razad

(dibaca 162)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Berita | Arsip Berita | Print
Jl. Penjernihan I No 19 F1,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 1102, akses halaman: 1256,
pengunjung online: 72, waktu akses: 0,032 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank