Warta

Beranda Warta
         
img
Artikel LARAP Safeguard Surakarta Jawa Tengah Comments (0) View (18)

Permasalahan penyelenggaraan perumahan dan permukiman di Kota Surakarta, Jawa Tengah, masih berhadapan dengan banyaknya perumahan dan permukiman kumuh. Merujuk identifikasi pada 2016, masih ada 359,55 hektare wilayah kumuh di Surakarta, yang tersebar di lima kecamatan di 51 kelurahan--SK Wali Kota Surakarta Nomor: 413.21/38.3/1/2016. Dari deretan angka tersebut, Pemerintah Kota Surakarta menetapkan Kawasan Semanggi sebagai lokasi prioritas penataan secara bertahap

Selengkapnya
img
Jawa Barat Majalengka Cerita UMKM KSM Majalengka Mart Comments (0) View (75)

Fenomena pengembangan usaha kecil masih dihadapkan pada berbagai masalah yang disebabkan oleh rendahnya akses masyarakat terhadap berbagai sumber kemajuan usaha. Mulai dari pemasaran, permodalan, teknologi, informasi, manajemen, dan kemitraan usaha. Kondisi ini selain menyebabkan lambatnya proses pengembangan usaha kecil, juga menyebabkan daya tahan menjadi sangat rentan. Kendala yang kerap muncul adalah kesulitan akses pemasaran dan perizinan produk maupun usaha.

Selengkapnya
img
Artikel PKM Pelatihan Masyarakat Peningkatan Kapasitas Comments (0) View (114)

Peningkatan kualitas masyarakat dalam menunjang keberhasilan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menjadi pekerjaan rumah tak berkesudahan. Lantaran itulah, gelar Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) acap digelar di berbagai wilayah dampingan Program Kotaku di Tanah Air.

Selengkapnya
img
Comments (0) View (44)

Provinsi Gorontalo selangkah lebih maju. Pemerintah daerah setempat berkolaborasi dengan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menangani persoalan kumuh di wilayahnya dengan memanfaatkan alokasi Bantuan Dana Investasi (BDI) 2017. Ragam kegiatan di Provinsi Gorontalo terdiri dari sejumlah pembangunan fasilitas umum. Di antaranya jalan lingkungan rabat beton, paving block, peresapan biopori, saluran drainase, fasilitas mandi cuci kakus, pengelolaan sampah, penerangan umum, dan ruang terbuka hijau. Khusus wilayah Kota Gorontalo, pembangunan fasilitas dan infrastruktur Program Kotaku ini berada di Kelurahan Biawao, Kelurahan Biawu, Kelurahan Limba B, Kelurahan Ipilo, dan Desa Luhu.

Selengkapnya
img
Artikel Kebencanaan PRB Comments (0) View (112)

Indonesia hijau royo-royo, dikenal juga dengan negeri “super-market” bencana. Dalam Undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana diuraikan adanya tiga bencana, yaitu, pertama, bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan dan tanah longsor. Kedua, bencana non alam, antara lain, berupa kegagalan teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit. Dan, ketiga, bencana sosial, seperti konflik sosial antarkelompok, dan juga teror

Selengkapnya
img
ELearning Artikel Comments (0) View (553)

Proses pembelajaran demi kesempurnaan pemahaman dalam melaksanakan beragam kegiatan menjadi dasar pemikiran peningkatan kinerja di Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Berbekal itulah sedianya bakal diluncurkan konsep E-Learning Penanganan Kumuh Program Kotaku dalam waktu dekat di 2018 ini. Harapannya, E-Learning Prgram Kotaku bakal menjadi portal utama pembelajaran secara digital penanganan kumuh di Indonesia

Selengkapnya
img
Cerita Peningkatan Kapasitas Pelatihan Masyarakat PKM Comments (0) View (175)

Salah satu hal terpenting dalam Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah peningkatan kapasitas. Karena secara tidak langsung, peningkatan kapasitas akan mengantarkan kepada tercapainya tujuan program secara maksimal. Peningkatan kapasitas bertujuan membangun gerakan bagi  pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat melalui perubahan perilaku kolektif dalam kegiatan pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman

Selengkapnya
img
Kepulauan Bangka Belitung Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kabupaten Bangka Pokja PKP Comments (0) View (87)

Sebagai upaya mewujudkan nol hektare (0 Ha) kumuh di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diadakan kegiatan peningkatan kapasitas (pelatihan) bagi camat, lurah/kepala desa, dan BKM di lokasi dampingan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) untuk lokasi kumuh dan pencegahan. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai peran pemda sebagai “nakhoda” dalam penanganan kumuh, membangun kolaborasi untuk mencapai 0 Ha luasan kumuh.

Selengkapnya
img
Artikel Kulonprogo DI Yogyakarta Comments (0) View (83)

Keberhasilan sebuah organisasi diyakini bergantung pada kekuatan kerja sama anggota tim ketimbang kemampuan individu yang menonjol namun berdiri sendiri dalam struktur. Sinergi  baik antarindividu yang saling mengikatkan diri dalam sebuah kelompok dengan tujuan sama itulah yang menjadikan konsep tim dinilai bisa diterapkan sejak dini. Dan tentunya, menjadi alternatif model bagi pelaksanaan kerja Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku)

Selengkapnya
img
DKI Jakarta KKN Akademisi Comments (0) View (59)

Kolaborasi Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dengan dunia pendidikan kembali bergulir. Buktinya, Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta menggandeng Program Kotaku dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik di beberapa titik daerah kumuh yang ada di Provinsi DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, dan Tasikmalaya, Jawa Barat. Peresmian kolaborasi dan pelepasan 541 mahasiswa peserta KKN tersebut dilaksanakan di Kampus UBL Jakarta, di pertengahan Juli 2018.

Selengkapnya

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.