Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Laporan
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomeLaporanPemerintah Daerah - (LG)Rekap Nilai Perkembangan Kota
Monitoring & Evaluasi
Manajemen Keuangan
Progres Kegiatan

Nilai Perkembangan Kota

Saat ini PNPM Mandiri Perkotaan dalam substansi pendampingan program telah memasuki tahap keberlanjutan, dimana pendampingan yang telah dilaksanakan diharapkan mampu menjadikan Pemerintah Kota/ Kabupaten dan masyarakat dapat secara mandiri menjaga keberlanjutan program penanggulangan kemiskinan.

Program ini telah menerapkan konsep dan mekanisme pengendalian melalui 2 cara, yaitu Tidak Langsung dan Langsung. Namun demikian, kedua tools pengendalian tersebut masih dikuasai konsultan dan menjadi konsumsi pemerintah pusat, sementara Pemerintah daerah belum menguasainya dan belum dianggap membutuhkannya.

Berdasarkan kondisi dan kebutuhan tersebut KMP memandang penting untuk mengadakan PENILAIAN KOTA MANDIRI KOTA JUARA untuk seluruh kota/kabupaten disemua lokasi sasaran. Dengan adanya metode pengendalian ini diharapkan agar Tim Korkot dan Tim Pemda secara bersama-sama mampu menilai kesiapan kota/kabupatenya masing-masing serta memiliki rumusan strategi pemenuhan indikator untuk perbaikan peringkat kota/kabupatenya dilevel nasional.

Download Informasi selengkapnya:
  Kerangka Acuan Kegiatan PENILAIAN KOTA MANDIRI “KOTA JUARA”
 Format Nilai Perkembangan Kota

 

Data perolehan nilai perkembangan kota, dapat didownload pada lampiran berikut:

Periode Data Download Besar File (Kb)
Triwulan I (Januari - Maret 2015)  NPK_nasional_periode_triwulan_I.pdf
 Grafik_NPK_nas_triwulan_I.pdf
236
372
Triwulan IV (Oktober - Desember 2014)  NPK_nasional_periode_triwulan_IV.pdf
 Grafik_NPK_nas_triwulan_IV.pdf
742
318
Triwulan III (Juli - Agustus 2014)  NPK_nasional_periode_triwulan_III.pdf 740

Data Kemitraan


Untuk mengetahui usulan dan hasil kemitraan maka  perlu dilakukan inputing data dari mulai tingkat BKM/LKM, Kota/Kabupaten, Propinsi hingga ke pusat. Hasil kegiatan input dalam Aplikasi Elektonik (Apel) kemitraan dipublikasikan ke berbagai stakeholder pembangunan. Publikasi rekap usulan dan hasil kemitraan tersebut diharapkan dapat memberi insiprasi, motivasi, dan inisiasi  terjadinya kemitraan. Adapun beberapa informasi penting yang bisa digunakan antara lain;

  1. Kerangka Acuan Kerja (KAK) Kemitraan; 
    Menerangkan dasar pemikiran, tujuan, metoda pelaksanaan serta manfaat dari aplikasi kemitraan. Dilampirkan juga Format yang harus diisi oleh BKM/LKM .(sebaiknya dibaca oleh pelaku PNPM Mperkotaan)
  2. Aplikasi Elektronik Kemitraan;
    Aplikasi yang harus di instal dikomputer penginput data;  dilampirkan juga Tutorial Aplikasinya sebagai berikut; 
    Panduan awal instal; untuk level kota; level Propinsi; untuk level OC/OSP
  3. Hasil Laporan dari aplikasi elektonik kemitraan ;
    Kompilasi hasil dari data/informasi dari aplikasi elektronik kemitraan dilevel pusat akan dimuat setiap bulannya di website www.p2kp.org; informasi yang akan dimuat dalam website sebagai berikut;
    • Grafik Kemitraan; Menampilkan perkembangan kemitraan kota/kabupaten disetiap propinsi secara Nasional;
    • Rangking Kemitraan kota/Kabupaten: 1. Rangking Kota/kab berdasarkan pada sebarapa banyak jumlah kelurahan yang bermitra. 2 Rangking Kota/kab berdasarkan pada Nilai Realisasi (Rp) rata-rata kelurahan;
    • Rekap Usulan Kemitraan SEL; Berisi rekap usulan kemitraan BKM/LKM bidang Sosial/ Ekonomi/ Lingkungan;
    • Rekap Hasil Kemitraan SEL; Berisi rekap hasil kemitraan BKM/LKM bidang Sosial/ Ekonomi/Lingkungan.
  4. Rekap Kota/Kabupaten;
    Berisi rekap data/informasi usulan dan realisasi kemitraan per-kota/per-kabupaten disetiap Propinsi yang terbagi dalam wilayah KMP 1 dan wilayah KMP 2.
    Catatan: Khusus Bagi kota/kabupaten dan Propinsi yang belum pernah atau pernah tapi gagal melakukan point 2 maka segera lakukan proses input data kemitraan, apabila dalam proses inputing data mengalami touble harap konsultasi ke Tenaga Ahli Local Goverment Propinsi/OC/OSP/KMP.
  5. Input data kemitraan ini sangat penting untuk dilaksanakan, adapun beberapa point arah pengembangan pendataan Kemitraan ini adalah :
    • Data usulan dan hasil dapat disajikan secara akurat, cepat dan dapat terakses (accessible) oleh stakeholder;
    • Terjadi lingkage antara data usulan dan hasil;
    • Pengoperasian, input dan penyajian data dari instrumen pendataan elektronik diupayakan user friendly, “intuitif”, memungkinkan link dengan berbagai informasi tambahan terkait, dan memungkinkan dilakukan rekapitulasi “kategori” tertentu dan reporting secara otomatis;
    • Semua level dapat menyajikan data usulan kemitraan (data kemitraan Kelurahan/desa, Kota/Kabupaten, Propinsi dan Nasional);
    • BKM, FK BKM, KBP, Pemda, Calon Mitra dan Stakeholder lain dapat memanfaatkan data kemitraan untuk inisiasi kemitraan;
    • Data usulan dan hasil kemitraan menjadi bahan dalam menyusun bahan/media pemasaran sosial;
    • Sistem Pendataan Usulan dan Hasil Kemitraan diharapkan sebagai “pemancing” inisiatif dan kepedulian Pemda dalam menyiapkan exit strategy dan salah satu rencana aksi percepatan nangkis/pemberdayaan masyarakat.

Download Informasi selengkapnya:

  Rekap Data Kemitraan_Januari 2015
  Rekap Data Kemitraan_Februari 2015
  Rekap Data Kemitraan_Maret 2015

  Rekap Data Kemitraan_April 2015

 


----------------------000000000000--------------------------

Download Aplikasi Elektronik (Ap-El) Kemitraan dibawah ini :

Siklus Kota

Untuk mengetahui aktifitas kegiatan tingkat kota/kabupaten  maka  perlu dilakukan inputing data dari mulai tingkat Kota/Kabupaten, Propinsi hingga ke pusat. Hasil kegiatan input dalam Aplikasi Elektonik Siklus Kota (Apel SISKA)  dipublikasikan ke berbagai stakeholder  pembangunan. Publikasi hasil siklus kota  tersebut  merupakan gambaran dari aktifitas kegiatan penanggulangan kemiskinan yang dilakukan oleh kelembagaan level kota khususnya;  Forum Komunikasi Antar  BKM (FKA-BKM), Komunitas Belajar Perkotaan (KBP) dan Tim Kordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD).
Gambaran aktifitas tersebut diharapkan dapat memberi informasi bagi pihak-pihak  yang berkepentingan dengan penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat  dan/atau kegiatan lain yang dalam aktifitas kotanya memerlukan kerjasama dengan lembaga-lembaga tersebut supaya lebih efektif dan evisien. Adapun beberapa informasi penting yang bisa digunakan dalam aplikasi siklus kota antara lain;

  • Aktifitas Forum Komunikasi Antar BKM (FKA-BKM);  
  • Aktifitas Komunitas Belajar Perkotaan (KBP);
  • Aktifitas Tim Kordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD);
  • Aplikasi Elektronik SISKA; Aplikasi yang harus di instal dikomputer penginput data;  dilampirkan juga Tutorial Aplikasinya sebagai berikut;  Panduan awal instal; untuk level kota; level Propinsi; untuk level OC/OSP.

Download Informasi selengkapnya:

  Rekap Data SISKA - FKBKM
  Rekap Data SISKA - KBP
  Rekap Data SISKA - TKPKD


Download Aplikasi Elektronik Siklus Kota dibawah ini :

Kembali ke atas
Jl. Penjernihan I No 19 F1,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 1894, akses halaman: 3341,
pengunjung online: 60, waktu akses: 0,016 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank