Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Laporan
,
Selamat datang di website KOTAKU.
Monitoring & Evaluasi
Manajemen Keuangan
Progres Kegiatan

Wilayah - 1

LAPORAN UJI PETIK SIKLUS MASYARAKAT
KEGIATAN TINJAUAN (REVIEW) PARTISIPATIF

Tinjauan (Review) Partisipatif merupakan rangkaian kegiatan peninjauansecara partisipatif terhadap seluruh siklus kegiatan PNPM di kelurahan, kinerjaBKM/LKM, capaian program (kualitas dan kuantitas) dan kinerja pengelolaankeuangan. Kegiatan review ini difasilitasi oleh BKM/LKM bersama para relawan(unsur masyarakat).

Tinjauan (review) partisipatif dilakukan secara berkala, sekurang-kurangnyasatu kali dalam satu tahun, dan menitik-beratkan pada :

  • Pelaksanaan siklus kegiatan PNPM di kelurahan.
  • Kinerja BKM/LKM sebagai lembaga pimpinan kolektif yang digerakkan oleh nilai-nilai universal dalam pengambilan keputusan dan pengendalian kegiatan penanggulangan kemiskinan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
  • Implementasi dan capaian Renta Pronangkis dan atau PJM Pronangkis termasuk capaian secara fisik maupun kualitas.
  • Pengelolaan keuangan; efektifitas dan efisiensi (dalam mendukung Rencana Tahunan Pronangkis), transparansi, dan pencatatan/pembukuan keuangan.
  • Tinjauan Partisipatif dilaksanakan oleh kelurahan/LKM yang memasuki siklus mulai tahun ke-2 dan seterusnya. Pada tahun ke-4 kembali dilakukan perencanaan partisipatif untuk menyusun PJM Pronangkis yang baru dengan melaksanakan proses siklus seperti tahun pertama.

Untuk mengetahui informasi lebih jelas mengenai hasil uji petik yangdilaksanakan oleh KMP Wilayah 1 PNPM Perkotaan dapat didownload pada fileterlampir di bawah ini:

Wilayah - 2

Lap_Pantauan 2016

Pelaksanaan Program KOTAKU tahun 2016 melanjutkan tongkat estafet dari PNPM Mandiri Perkotaan yang sebelumnya sudah berjalan di sejumlah 11.066 kel/desa, dan pelaksanaan KOTAKU tahun 2015. Pendampingan yang dilakukan dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan hasil-hasil pendampingan PNPM Mandiri Perkotaan baik menyangkut aspek (i) pendekatan pemberdayaan masyarakat, (ii) kelembagaan masyarakat, maupun (iii) perencanaan yang sudah ada di masyarakat yang di transformasi kedalam rencana strategis pencapaian target program.

Uji petik (spotcheck) adalah serangkaian kegiatan pemantauan yang dilaksanakan dalam rangka pengendalian kualitas terhadap pelaksanaan program KOTAKU. Pemantauan dilakukan dengan datang langsung ke lapangan, untuk mendapatkan informasi yang akurat dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data/informasi dilakukan melalui i). wawancara dan diskusi dengan anggota LKM, relawan, KSM, warga masyarakat, aparat kelurahan, Pokja PKP dan sebagainya, ii). pemeriksaan dokumen/arsip yang merupakan bukti pelaksanaan kegiatan, dan iii). observasi dan pemeriksaan kondisi lapang terhadap hasil-hasil kegiatan Program. Berdasarkan temuan-temuan yang ditemukan dari pelaksanaan kegiatan dilapangan selanjutnya dilakukan proses pengolahan, hasilnya dirumuskan sebagai bahan umpan balik untuk perbaikan dan bahan penyusunan laporan bulanan dan triwulanan.

Proporsi pelaksanaan pemantauan disetiap tingkat pusat, provinsi dan kota/kabupaten telah diatur dalam TOR Konsultan KMP dan OSP, termasuk sejumlah pembiayaan dari program dan masuk dalam kontrak Manajemen KMP/OSP dialokasikan khusus untuk mendukung kegiatan pemantauan. Dalam TOR Konsultan menjelaskan bahwa cakupan kelurahan yang harus diuji petik oleh KMP adalah minimal 1% dari seluruh lokasi Program atau sekitar 66 setiap triwulan, sedangkan untuk OSP bervariasi antara 3%-10% dari lokasi dampingan, sedangkan untuk OSP-5 dan OSP-6 sebesar 3% dari lokasi dampingannya. Untuk OSP-7 dan OSP-9 ditetapkan sebesar 10%, serta OSP 10 dan OSP 8 sebesar 5% dari jumlah desa/kelurahan dampingan

Untuk mengetahui informasi lebih jelas mengenai hasil Uji Petik yang telah dilaksanakan oleh KMP Wilayah 2 KOTAKU dapat didownload pada file terlampir di bawah ini:

Uji-Petik

LAPORAN UJI PETIK

Pelaksanaan uji petik disetiap tingkat diatur dalam TOR Konsultan (KMP/OSP), sebagai bagian dari sistem pengendalian pelaksanaan kegiatan lapangan khususnya untuk memastikan terhadap kualitas pelaksanaan kegiatan agar sesuai dengan ketentuan/pedoman yang telah ditetapkan program. Sejumlah pembiayaan dari program dan masuk dalam kontrak Manajemen KMP/OSP dialokasikan khusus untuk mendukung kegiatan uji petik.

TOR Konsultan menjelaskan bahwa cakupan kelurahan yang harus diuji petik oleh KMP adalah minimal 1% dari seluruh lokasi Program atau sekitar 66 setiap triwulan, sedangkan untuk OSP bervariasi antara 3%-10% dari lokasi dampingan, sedangkan untuk OSP-5 dan OSP-6 sebesar 3% dari lokasi dampingannya. Untuk OSP-7 dan OSP-9 ditetapkan sebesar 10%, serta OSP 10 dan OSP 8 sebanyak minimal 5%. Jadi total wilayah 2  jumlah kelurahan yang harus dikunjungi totalnya mencapai 279 kel/desa. Kewajiban melaksanakan uji petik siklus di tingkat Korkot adalah minimal sejumlah 50% dari lokasi dampingan atau sekitar 3.313 kel/desa per-triwulan

Untuk mengetahui informasi lebih jelas mengenai hasil Uji Petik yang telah dilaksanakan oleh KMP Wilayah 2 PNPM Mandiri Perkotaan dapat didownload pada file terlampir di bawah ini:

Perjalanan Dinas

LAPORAN PERJALANAN DINAS - PENGENDALIAN LANGSUNG

Cakupan Lokasi Dampingan & Perjalanan Dinas. Pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan tahun 2013 secara nasional mencakup 11.066 kelurahan yang tersebar di 268 kota/kabupaten di 33 provinsi, serta terbagi atas 2 wilayah. Dampingan di Wilayah-2 terdiri dari 6.184 kelurahan yang tersebar di 157 kota/kabupaten di 19 provinsi. Pada seluruh kelurahan yang ada, kegiatan PNPM reguler terbagi atas lokasi Tahun-2 sebanyak 2.056 kelurahan, Tahun-3 sebanyak 1.232 kelurahan, dan Tahun-4 sebanyak 2.896 kelurahan

Untuk mengetahui informasi lebih jelas mengenai hasil Perjalanan dinas yang dilaksanakan oleh KMP Wilayah 2 PNPM Mandiri Perkotaan dapat didownload pada file terlampir di bawah ini:

Tahun 2013 Tahun 2012

 

 

==============================================================

 

ARSIP LAPORAN KEGIATAN UJI PETIK KMP

Tahapan P2KP Update
Status Data
Informasi selengkapnya...
  P2KP-PNPM MP
Advanced
Juli - Oktober 2010
Juni - Juli 2010
Februari 2010
Rekap Hasil Uji Petik Advanced Periode Juli - Okt 2010
Rekap Hasil Uji Petik Advanced Periode Juni - Juli 2010
Rekap Hasil Uji Petik Advanced Periode 2009 - 2010
  P2KP-PNPM MP
Wil. I (OC1 - OC4)
April 2011

 

 

Februari 2011

 

Oktober 2010

Uji Petik Rembug Warga Tahunan (RWT)
    Uji Petik Siklus RWT Periode Januari 2011
    Uji Petik Siklus RWT Periode Februari 2011
    Uji Petik Siklus RWT Periode Maret 2011
    Uji Petik Siklus RWT Periode April 2011
    Uji Petik Siklus RWT Periode Oktober 2011

Uji Petik Siklus BLM
    Uji Petik Siklus BLM Periode Oktober 2010
    Uji Petik Siklus BLM Periode Desember 2010
    Uji Petik Siklus BLM Periode Februari 2011

Uji Petik Tinjauan Partisipatif
    Uji Petik Siklus BLM Periode Oktober 2010

Uji Petik Siklus BKM
    Uji Petik Siklus BKM Lokasi Baru Tahun 2011

  P2KP-PNPM MP
Wil. II (OSP 5 - OSP 9)
Juli - September 2010,
Agustus 2009 - April 2010
Oktober 2009
Agustus 2009
Uji Petik Pengelolaan BLM PNPM MP 2010
Uji Petik Review Partisipatif 2009 - 2010
Uji Petik RKM Siklus PNPM MP 2009
Uji Petik Siklus PNPM MP 2009
Kembali ke atas
Jl. Penjernihan I No 19 F1,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 2498, akses halaman: 3371,
pengunjung online: 85, waktu akses: 0,016 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank