Uji Kompetensi di Sumut
rahdiansyah pane, 25 Maret 2017, jam 22:02:57
Kepada Yth :
Bapak Kepala Satuan Kerja ( Ka. Satker ) PIP Provinsi Sumatera Utara
Bapak Team Leader (TL) KMW 1 OC 1 Provinsi Sumatera Utara
Masing - masing Di-
Tempat

Sehubungan pelaksanaan Uji Kompetensi personil Fasilitator setiap tingkatan, terutama pada uji kompetensi Asisten Kota seluruh Bidang yang dilaksanakan pada Hari Jum’at / 24 Maret 2017 di maka perlu kiranya saya menyampaikan kepada bapak, sebagai berikut :

A. Kondisi Objektif

1.Bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi Asisten Bidang KOTAKU Provinsi Sumatera Utara, terdiri dari Asisten Kota Bidang Infrastruktur, Asisten Kota Manajemen Data, Asisten Kelembagaan dan Kolaborasi, Asisten Kota Urban Planner, Asisten Manjamen Keuangan dan Asisten Kota Safeguard yang dilaksanakan pada hari Jum’at/24 Maret 2017 di Hotel Soechi Jalan Cirebon No. 76 Medan

2.Bahwa uji kompetensi sebagaimana dimaksud poin 1 diatas, dilakukan dalam 2 ( dua ) tahap yaitu test tertulis dengan 200 ( dua ratus ) soal dan dilanjutkan dengan wawancara. Pada Ujian tertulis diberikan waktu selama 3 ( tiga ) jam yaitu dimulai sejak pukul 09.00 Wib s/d 12.00 Wib. Sedangkan wawancara dilakukan untuk setiap peserta oleh penguji dengan waktu setiap peserta bervariasi dimulai sejak pukul 14.00 Wib dan selesai berkisar pukul 22.00 Wib.

3.Bahwa Setelah selesai test tertulis dan wawancara selesai, pelaksana memberikan informasi kepada peserta mengenai hasil uji kompetensi akan diumumkan segera setelah dilakukan penilaian dan rekapitulasi hasil uji kompetensi terdiri dari 3 ( tiga ) aspek penilaian yaitu portofolio, test tertulis dan wawancara.

4.Bahwa dalam melakukan penilaian dan rekapitulasi hasil uji kompetensi setiap peserta hingga diberitahukan hasilnya berlangsung sejak pukul 22.00 Wib ( Hari Jum’at / 24 Maret 2017 ) s/d pukul 04.00 Wib ( Hari Sabtu / 25 Maret 2017 ). Peserta yang mengikuti uji kompetensi dan memperoleh hasilnya sejak pukul 09. 00 Wib hingga pukul 04.00 dini hari mengalami kelelahan

5.Bahwa hasil uji kompetensi dilakukan dengan cara memanggil satu per satu peserta secara bergantian kedalam ruangan, dan TL KMW 1 Provinsi Sumatera Utara disaksikan Tim Satker memberitahukan nilai setiap uji kompetensi terdiri dari 3 ( tiga ) aspek penilaian yaitu portofolio, test tertulis dan wawancara. Bagi peserta yang tidak lulus, bapak TL menjelaskan bahwa nilai yang diperoleh peserta tidak terpenuhi dan dapat mengajukan uji kompetensi pada assesment berikutnya yaitu Senior Fasilitator yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2017. Namun, dalam perolehan setiap aspek penilaian, bapak TL tidak memberikan penjelasan secara detail nilai setiap aspek dinyatakan terpenuhi, akumulasi penilaian seluruh aspek dinyatakan terpenuhi dan perangkingan perolehan nilai tertinggi hingga terendah.

B. Pendapat, Masukan dan Saran

1.Bahwa pelaksanaan uji kompetensi hendaknya dapat dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan. Adapun pelaksanaan uji kompetensi Asisten Bidang KOTAKU Provinsi Sumatera Utara, terdiri dari Asisten Kota Bidang Infrastruktur, Asisten Kota Manajemen Data, Asisten Kelembagaan dan Kolaborasi, Asisten Kota Urban Planner, Asisten Manjamen Keuangan dan Asisten Kota Safeguard seharusnya mengikuti jadwal yang ada yaitu selama 2 hari mulai tanggal 24 -25 Maret 2017 pukul 09.00 Wib s/d selesai agar uji kompetensi dapat berjalan maksimal dan berkualitas.

2.Bahwa aspek penilaian uji kompetensi hendaknya panitia atau tim penguji dapat menjelaskan kriteria , persyaratan maupun ketentuan nilai setiap aspek dan akumulasi penilaian seluruh aspek dinyatakan terpenuhi

3.Bahwa untuk menentukan penilaian dalam wawancara hendaknya tim penguji memiliki kerangka acuan maupun standarisasi penilaian agar hasil penilaian tidak cenderung subjektif

4.Bahwa dalam pelaksanaan wawancara hendaknya tim penguji memberikan pertanyaan sesuai dengan petunjuk yang ditentukan seperti pertanyaan yang telah disediakan dan jumlah pertanyaan disampaikan secara keseluruhan kepada setiap peserta sehingga tidak terkesan adanya pembedaan porsi wawancara setiap peserta

5.Bahwa dalam rangka penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam setiap pelaksanaan komponen program KOTAKU, termasuk uji kompetensi maupun perekrutan personil fasilitator, hendaknya hasil aspek penilaian setiap peserta dapat diumumkan secara terbuka melalui pengumuman yang dikeluarkan oleh tim penguji/panitia /TL agar peserta dapat melakukan evaluasi sekaligus memotivasi diri menjadi lebih baik.

6.Bahwa saya sebagai salah satu peserta yang mengikuti uji kompetensi Asisten Bidang Safeguard mendukung langkah dilakukannya uji kompetensi untuk menyaring peserta menjadi bagian pelaku yang memiliki kemampuan subtansi dan berkomitmen dalam melakukan pendampingan program. Dalam hasil uji kompetensi tersebut, saya sebagai salah satu peserta yang tidak lulus dan saya menyadari dalam uji kompetensi terdapat kelemahan dan kekurangan yang saya miliki sehingga penilaian tidak terpenuhi. Pada prinsipnya saya menerima hasil penilaian sebagai konsekwensi dalam sebuah kompentensi. Namun, alangkah baiknya jika panita/tim penguji/ TL dapat mengumumkan secara terbuka hasil penilaian setiap peserta dan perangkingan perolehan nilai tertinggi hingga terendah. Pengumuman hasil ini setidak - tidaknya dapat menjadi bahan evaluasi sekaligus motivasi bagi diri saya.

7.Bahwa sebagai saran dan masukan saya untuk uji kompetensi selanjutnya yaitu Assesment Senior Fasilitator ( SF ) dan Fasilitator dapat dilakukan secara transparan dan akuntabel dari aspek penilaian. Selain itu, hendaknya para peserta dapat diperlakukan secara manusiawi seperti penyediaan fasilitas yang memadai maupun memanfaatkan waktu yang layak dan ideal, terutama dalam menyampaikan pengumuman hasil uji kompetensi agar kejadian yang saya alami sewaktu uji kompetensi Asisten Kota tidak terulang kembali seperti pengumuman hingga larut malam.

8.Bahwa selama saya menjadi fasilitator sejak Juni 2008 hingga pertanggal 31 Maret 2017, mulai dari program PNPM-MP, PAKET, PLPBK, P2KP, P2kkP hingga program KOTAKU, mulai wilayah dampingan diawali Kab Asahan, Padang Sidimpuan- Sibolga, Tebing Tinggi -Asahan, Kota Tanjungbalai dan kembali ke Tebing Tinggi -Asahan, banyak pengalaman dan pembelajaran yang saya dapatkan. Apalagi, pernah memperoleh piagam penghargaan Penulis Yang Produktif di Web P2KP dan buku bacaan pada tanggal 7 November 2012 yang diberikan oleh bapak Ferry Setyawan bertindak sebagai Program Direcktor. Selain itu, saya kembali mendapatkan buku bacaan dari bapak Ferry Setyawan sebagai salah satu peserta aktif dalam kelas saat pelatihan program KOTAKU pada tanggal 13 Agustus 2016 yang dilaksanakan oleh KMW 1 Sumut.
Semoga Pelaku Program KOTAKU menjadi lebih baik

Tanjungbalai, 25 Maret 2017
Hormat saya,
Rahdiansyah Pane, ST



Tanggapan 1.
Uji Kompetensi di Sumut
PPM P2KP, 3/28/2017 9:54:47 AM
Kepada Yth,
Sdr. Rahdiansyah Pane
di tempat

Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line Program KOTAKU. Terkait dengan pengaduan Saudara di website resmi KOTAKU berikut adalah tanggapan Panitia Assesment Personil KOTAKU Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 :
1. Panitia mengucapkan terimakasih atas masukan, saran, dan pendapat Saudara sebagai bahan perbaikan panitia kedepan.
2. Secara umum panitia memahami dengan baik kondisi yang Saudara sampaikan.
3. Beberapa hal yang ingin panitia sampaikan sebagai berikut :

• Pelaksanaan seleksi mengacu pada koridor waktu berdasarkan KAK yang ditetapkan oleh pusat bahwasanya seluruh proses assesment harus selesai selambat-lambatnya pada tanggal 31 Maret 2017.
• Metodologi dan sistem penilaian sudah mengikuti KAK yang ditetapkan pusat dan nilai masing-masing peserta (portofolio, tertulis, dan wawancara) sudah disampaikan langsung kepada yang bersangkutan tetapi panitia tidak berkewajiban mengumumkan hasil assesment secara detail kepada seluruh peserta.
• Panitia berupaya melakukan assesment secara serempak sesuai skedul yang ditetapkan dan sesegera mungkin menyampaikan hasil kepada seluruh peserta assesment.
• Kelelahan yang dialami peserta juga dialami oleh panitia assesment dan ini merupakan konsekuensi dari penyelesaian yang harus tepat waktu.
• Panitia mengapresiasi dan berempati semangat kawan-kawan untuk mengikuti proses assesment dari awal sampai akhir.

Demikian tanggapan atas pengaduan saudara. PPM Pusat mengucapkan terima kasih kepada Panitia Assesment Personil KOTAKU Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 atas fasilitasi pengaduannya.

PPM Program KOTAKU




Pusat Informasi KOTAKU , Jl. Penjernihan 1, No. 19 F, Pejompongan -Jakarta Pusat 10210. Telp: (021) 70912271, (021)-70952271