Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Arsip Warta
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomeWartaArsip WartaArsip BeritaGali Capaian KOTAKU, Satker PKP Aceh Gelar Rapat Evaluasi
Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web KOTAKU. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web KOTAKU.
Banda Aceh, 3 November 2017
Gali Capaian KOTAKU, Satker PKP Aceh Gelar Rapat Evaluasi


Oleh:
T. Davis F. Hamid, ST,MT.
Kasatker Pengembangan Kawasan Permukiman
Provinsi Aceh

Guna mengetahui capaian dan progres setiap kabupaten/kota dampingan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Satuan Kerja (Satker) Perumahan Kawasan Permukiman (PKP) Provinsi Aceh melaksanakan Rapat Evaluasi II Program KOTAKU. Kegiatan yang digelar di Hotel Seventeen Kota Banda Aceh, pada 25 Oktober 2017 itu diikuti oleh jajaran OC 1 KOTAKU Provinsi Aceh, seperti Team Leader, Tenaga Ahli, Koordinator Kota, Asisten Kota Mandiri. Tampak hadir pula Satker Pembangunan Infrastruktur Pemukiman/Pejabat Pembuat Komitmen (PIP/PPK) dari 12 kabupaten/kota yang menjadi lokasi dampingan Program KOTAKU.

Dalam rapat terungkap beberapa hal, antara lain, pemanfaatan Bantuan Dana Investasi (BDI) dengan total alokasi Rp24,75 miliar tersebar di 47 gampong. Termasuk di dalamnya dana kolaborasi untuk 2 gampong, dengan alokasi masing-masing Rp1 miliar, yakni (Aceh Tenggara dan Aceh Barat. Batas waktu penyelesaian untuk BDI adalah 30 November 2017, dan hingga hari ini, total pemanfaatan BDI mencapai Rp20,385 miliar. Sedangkan jumlah anggaran dana kolaborasi yang sudah terserap sejumlah Rp1,4 miliar, untuk batas waktu 15 November 2017.   

Sementara itu, total anggaran pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) adalah Rp3.874.800.000 untuk 426 gampong, yang terbagi dalam dua pembagian wilayah. Yaitu, wilayah peningkatan sebesar Rp1.050.000.000 untuk 105 gampong, sedangkan untuk wilayah pencegahan Rp2.824.800.000 untuk 321 gampong. Adapun untuk Pelatihan PKM batas waktu pemanfaatan adalah 15 Oktober 2017, dan alokasi dana PKM tersebut sudah 100% terserap.

Dalam kegiatan tersebut juga diketahui segala kendala dan permasalahan yang ada di setiap kabupaten/kota. Rapat evaluasi ini bukan hanya evaluasi bagi kawan-kawan di lapangan saja, melainkan evaluasi bersama agar bisa sama-sama mencari solusi terbaik terhadap segala permasalahan dan kendala yang ada. Sehingga, apa yang ingin dicapai di tahun 2019 bisa terwujud, yakni menjadikan Aceh nol persen kumuh.  [Aceh]

Editor: Maya Keumala/Nina Razad

(dibaca 803)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Berita | Arsip Berita | Print
Jl. Penjernihan I No 19 F1,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 1854, akses halaman: 2208,
pengunjung online: 70, waktu akses: 0,016 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank