Kotaku Gandeng Forum Pelaku Industri Kabupaten Jombang

Cerita Jawa Timur Jombang Kolaborasi Comments (0) View (1579)

Penanganan kumuh di Tanah Air adalah harga mati. Dan solusi kolaborasi adalah kata kunci. Itulah yang tengah dijalankan Dinas Koperasi Kabupaten Jombang dan Forum Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Jombang, Jawa Timur bersama Tim Koordinator Kota Cluster 01 Program Kota Tanpa Kumuh Kabupaten Jombang. Ketiganya bergandeng tangan menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Usaha bagi pelaku Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) binaan Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Program Kotaku, menjelang akhir Juli silam di Gedung KPRI Kabupaten Jombang.

Acara ini dihadiri perwakilan dari 113 desa dampingan Program Kotaku, dengan 226 peserta yang terdiri dari satu anggota LKM atau Unit Pengelola Keuangan (UPK) dan satu ketua KSM binaan yang membawa serta produk unggulannya. Menurut Ketua Forum IKM Kabupaten Jombang Akromanuddin, materi yang menjadi pokok bahasan adalah tentang kiat memulai usaha dan strategi pengembangan usaha.

Dalam sesi tanya jawab terungkap, sebenarnya sudah banyak KSM yang produktif dan telah mengakses kegiatan pinjaman bergulir dari UPK di masing-masing LKM. Kendati begitu, ragam masalah timbul dalam perjalanannya. Mulai dari masalah alat produksi, masalah bahan mentah, masalah modal, hingga persoalan KSM yang kebingungan memasarkan hasil produksi.

Hasil workshop tersebut memang langsung menunjukkan dampak positif. Program Kotaku mendapat tempat dari Forum Industri Kecil dan Menengah (FIKM) untuk ikut berpartisipasi dalam gelar produk unggulan dan pasar murah pada 9 dan 10 Agustus 2018 di Lapangan Pulolor, Kabupaten Jombang. Gelar produk dilakukan agar KSM bisa berpartisipasi dalam gelar pameran ini dan bisa dikenal ragam produk unggulan KSM binaan Program Kotaku oleh masyarakat luas. [Jatim]

Penulis: Ellyn Citra Putranti, Askot MK Cluster 1 Korkot Jombang, OSP Kotaku Provinsi Jawa Timur

Editor: Epn

0 Komentar